Kepala BPIP laporkan kepada Presiden soal pembinaan ideologi Pancasila

Kepala BPIP laporkan kepada Presiden soal pembinaan ideologi Pancasila

Tangkapan layar - Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi melaporkan pelaksanaan pembinaan ideologi Pancasila yang telah dilakukan BPIP terhadap Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (​​​​​​​Paskibraka), kepada Presiden Joko Widodo di halaman tengah Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (18/8/2021). ANTARA/Rangga Pandu Asmara Jingga/aa.

Jumlah peserta yang telah melaksanakan pembinaan ideologi Pancasila adalah 11.173 Paskibraka
Jakarta (ANTARA) - Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi mendampingi Presiden RI Joko Widodo dalam acara pemberian arahan kepada Purnapaskibraka Duta Pancasila, di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu.

Dalam kesempatan tersebut, sebagaimana disaksikan melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden, Yudian melaporkan kepada Presiden Jokowi ihwal pelaksanaan pembinaan ideologi Pancasila yang telah dilakukan BPIP terhadap Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka).

"Izinkan kami melaporkan kepada Presiden sebagai berikut; Pertama, jumlah peserta yang telah melaksanakan pembinaan ideologi Pancasila adalah 11.173 Paskibraka dari 31 provinsi dan 225 kabupaten/kota," ujar Yudian, di Jakarta, Rabu.

Dia mengatakan seluruh provinsi dan kabupaten/kota dapat melaksanakan program pembinaan BPIP dalam tahapan pembentukan Paskibraka yang dimulai sejak 5 April 2021.

Kedua, kata dia, pembinaan ideologi Pancasila dilaksanakan dari tahapan seleksi dan rekrutmen di tingkat kabupaten kota melalui materi tes kepancasilaan.

Ketiga, bahwa sesuai Pasal 7 ayat 1 Peraturan Presiden Nomor 13 Tahun 2021 tentang pembinaan ideologi Pancasila kepada generasi muda melalui program Paskibraka bahwa Paskibraka ditetapkan sebagai Purnapaskibraka Duta Pancasila.

Keempat, bahwa Paskibraka tingkat nasional sejumlah 68 peserta telah mengikuti pembinaan ideologi Pancasila dan telah ditetapkan sebagai Purnapaskibraka Duta Pancasila.

Kelima, Purnapaskibraka Duta Pancasila akan mendapat pembinaan berkelanjutan dari BPIP dalam organisasi Duta Pancasila Paskibraka Indonesia atau DPPI yang dibentuk dari tingkat nasional hingga kabupaten/kota untuk pengarusutamaan Pancasila.

Keenam, Paskibraka sebelum tahun 2021 secara bertahap juga akan mengikuti pembinaan ideologi Pancasila, dan yang telah memenuhi persyaratan akan ditetapkan menjadi Purnapaskibraka Duta Pancasila.

"Demikian laporan yang bisa kami sampaikan. Perkenankan kami mengucapkan terima kasih tidak terhingga kepada yang terhormat Presiden RI Ir H Joko Widodo yang telah memberikan arahan kepada BPIP untuk melaksanakan pembinaan ideologi Pancasila kepada generasi muda melalui program Paskibraka," ujar Yudian.

Dia juga berterima kasih kepada Menteri Pemuda dan Olahraga beserta jajaran atas dukungan yang baik dalam pelaksanaan pembinaan ideologi Pancasila, serta berterima kasih kepada Menteri Sekretariat Negara, Sekretaris Kabinet, Kepala Staf Presiden, dan seluruh jajaran yang senantiasa mendukung pelaksanaan program BPIP.

"Selamat melaksanakan tugas kepada Purnapaskibraka Duta Pancasila tingkat nasional 2021, semoga kita semua diberi kesehatan dan lindungan Tuhan Yang Maha Esa," ujar Yudian.
Baca juga: Gebyarkan Pancasila dan HUT RI, BPIP Gelar Berbagai Lomba
Baca juga: Pengukuhan Paskibraka di Istana Merdeka dihadiri Kepala BPIP

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar