Liga Conference

Harry Kane absen bela Spurs lawan Pacos dalam Europa Conference League

Harry Kane absen bela Spurs lawan Pacos dalam Europa Conference League

Harry Kane saat latihan timnas Inggris di St. George's Park, Burton Upon Trent, Inggris, 10 Juli 2021. ANTARA FOTO/Reuters-.Carl Recine/hp.

Jakarta (ANTARA) - Harry Kane dipastikan tidak memperkuat Tottenham pada leg pertama playoff Europa Conference League (Liga Konferensi Europa) melawan klub Portugal, Pacos de Ferreira, lapor Sky Sports, Kamis.

Striker Inggris yang dikabarkan ingin meninggalkan klub itu tidak masuk daftar skuad yang terbang Rabu ke Portugal untuk pertandingan tersebut.

Pemain berusia 28 tahun itu juga absen saat timnya menang 1-0 atas Manchester City yang berusaha membelinya, Minggu pekan lalu.

Kane sendiri sudah kembali berlatih dengan Spurs setelah menjalani liburan pasca-Euro 2020. Namanya sudah masuk daftar 25 pemain yang akan bermain melawan Pacos yang finis urutan kelima di liga Portugal musim lalu.

Diperkirakan Kane masih akan terus memulihkan kebugaran dan baru bisa bermain saat Spurs menghadapi Wolves dalam Liga Premier akhir pekan ini.

Mulai musim 2021/2022, akan ada ajang baru yang digagas UEFA, yakni kompetisi tingkat tiga Eropa bernama Europa Conference League.

Baca juga: Kane dikarantina di kompleks pelatihan Tottenham Hotspur

Apa itu Europa Conference League

Mengutip laman UEFA, liga ini adalah kompetisi tingkat tiga Eropa di bawah Liga Champions dan Liga Europa.

Kompetisi ini utamanya untuk tim-tim yang lolos melalui jalur liga domestik, meski di beberapa liga bisa memasukkan timnya melalui jalur juara piala domestik.

Hanya satu tim dari setiap lima liga top Eropa yang akan masuk kompetisi ini dan tidak ada tim yang akan lolos otomatis ke babak grup.

Klub-klub yang menjadi peserta adalah mereka yang mengakhiri musim 2020/2021 satu tingkat di bawah spot terakhir Liga Europa.

Tim-tim yang berasal dari lima liga top Eropa yang finis posisi keenam atau ketujuh mengamankan satu tempat dalam ajang ini, di antaranya Tottenham Hotspur, AS Roma, Villarreal, Union Berlin dan Rennes.

Sementara, negara-negara yang berada pada peringkat enam sampai 15 dalam ranking koefisiensi UEFA diperbolehkan mengirimkan dua tim. Adapun peringkat 16 sampai 50 mendapatkan jatah tiga tim.

Baca juga: Harry Kane bantah dirinya mangkir dari sesi latihan Tottenham

Format kompetisi.

Akan ada tiga babak kualifikasi sebelum mencapai fase grup, dengan lima klub yang lolos dari lima liga top Eropa semuanya langsung menempati babak kualifikasi final.

Fase grup akan melibatkan 32 tim yang dibagi ke dalam delapan grup di mana pertandingan akan diadakan Kamis malam waktu setempat atau Jumat dini hari WIB.

Setiap juara pada babak grup akan menembus fase knock-out dan delapan tim yang menempati runner-up akan bersaing pada playoff menghadapi tim-tim yang tereliminasi atau mengakhiri fase grup Liga Europa pada posisi ketiga. Kemudian, akan empat babak akan berlangsung dalam sistem gugur ini.

Tim yang keluar sebagai juara akan lolos otomatis ke Liga Europa musim berikutnya, bila mereka gagal menyegel satu tempat Liga Champions lewat liga domestik.

Baca juga: Guardiola: Man City tertarik dengan Harry Kane, bukan Lionel Messi

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar