Jakarta (ANTARA) - Lebih dari 1,5 tahun tantangan pandemi COVID-19 masih belum kunjung usai. Kini, kita dituntut untuk bisa lebih beradaptasi dengan kebiasaan normal baru (new normal) dengan memakai masker saat bepergian, mencuci tangan dan menjaga kebersihan setiap saat, serta menghindari beraktivitas di luar rumah.

Baca juga: Pembaruan Telegram mungkinkan panggilan video miliki 1.000 penonton

Oleh sebab itu, tidak heran apabila kita sering merasa bosan, bingung, bahkan malas. Lantas bagaimana solusinya?

Telegram sebagai salah satu aplikasi layanan pesan instan menawarkan fitur channel yang menarik untuk kita coba ketika bosan di rumah saja.

Bagi masyarakat yang ingin mencari kesempatan untuk terus mengembangkan diri dengan menambah kemampuan atau mendapatkan pengetahuan baru selama pandemi. Berbagai channel di Telegram membahas bermacam tips yang dapat membantu kita untuk terus meningkatkan kemampuan, sebagaimana dikutip dari keterangan resmi Telegram yang diterima pada Kamis.

1. Karier dan pengembangan diri

Buat Anda yang baru saja lulus kuliah atau yang sedang mencari pekerjaan baru dan merasa kebingungan dalam menyusun CV, ada banyak channel di Telegram yang bermanfaat untuk menambah pengetahuan seputar dunia kerja, lowongan pekerjaan, dan bahkan pelatihan.

Beberapa rekomendasi channel Telegram yang bisa dicoba, di antaranya @BisikanHRD, @tocpns, dan @skillacademyid.

2. Bisnis

Selama pandemi, banyak orang yang memanfaatkan waktunya untuk mulai berbisnis. Namun, tentunya untuk bisa membuat sebuah bisnis yang berhasil perlu pengetahuan dan keterampilan terkait bidang bisnis yang mumpuni.

Bagi Anda yang tertarik untuk mulai berbisnis, tapi masih bingung mulai dari mana, Anda dapat memanfaatkan channel Telegram untuk belajar. Beberapa channel Telegram yang sering membagikan tips seputar bisnis, yaitu @OnlineBizSukses, @bisnisdigitalid, dan @bisnismillenial.

3. Bahasa Asing

Selain menambah skill untuk mempersiapkan diri di dunia kerja dan berbisnis, kemampuan bahasa asing juga sangat diperlukan di era digital dan globalisasi saat ini, teman-teman. Bagi Anda yang ingin coba metode belajar baru selain dengan menonton film atau membaca buku, Anda bisa menggunakan Telegram untuk belajar bahasa asing.
Caranya, Anda bisa subscribe ke beberapa channel edukasi bahasa asing, seperti @Belajar_BahasaKorea, @bahasa_inggris_pemula, dan @BahasaJepang.

4. Kecantikan

Meskipun selama pandemi Anda tidak bisa keluar rumah atau bepergian, bukan berarti tidak perlu tetap menjaga kecantikan terutama bagi para wanita.

Daripada membiarkan alat-alat makeup atau skin care menganggur, Anda bisa melatih kemampuan tata rias di rumah. Selain dengan cara menonton tutorial di YouTube, Anda juga bisa mendapatkan tips dan trik kecantikan serta rekomendasi produk yang menarik di Telegram.

Beberapa channel kecantikan yang bisa Anda ikuti, misalnya @KlikBiarCantik dan @skincareroleplayer.


Baca juga: WhatsApp longgarkan tenggat waktu menerima kebijakan privasi baru

Baca juga: Telegram sediakan fitur impor percakapan dari Whatsapp

Baca juga: Telegram tutup ratusan seruan kekerasan di AS

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021