Kini, pelanggan di Kabupaten Dogiyai, Deiyai dan Paniai sudah bisa merasakan listrik selama 24 jam penuh setiap harinya
Jayapura (ANTARA) - PT PLN (Persero) meningkatkan waktu nyala listrik di beberapa daerah Meepago yakni Kabupaten Dogiyai, Deiyai, dan Paniai yang awalnya 18 jam menjadi penuh 24 jam sehari.

Manajer PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Nabire Manihar Hutajulu dalam siaran persnya di Jayapura, Kamis, mengatakan peningkatan jam nyala ini merupakan kado istimewa untuk masyarakat tiga kabupaten tersebut pada perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia.

"Selain fokus untuk melistriki daerah-daerah yang belum teraliri listrik di Papua dan Papua Barat, PLN juga terus berupaya untuk meningkatkan jam nyala di lokasi-lokasi yang telah berlistrik dan membutuhkan peningkatan jam nyala," katanya.

Menurut Manihar, upaya peningkatan jam nyala ini dimulai oleh PLN pada Februari 2021, yang mana sebelumnya, sistem kelistrikan di tiga kabupaten masing-masing berdiri sendiri.

"Guna meningkatkan keandalan pasokan listrik, PLN memutuskan untuk menghubungkan jaringan listrik ketiga kabupaten dan memusatkan pembangkit listrik di Deiyai," ujarnya.

Dia menjelaskan kini pelanggan di Kabupaten Dogiyai, Deiyai dan Paniai sudah bisa merasakan listrik selama 24 jam penuh setiap harinya.

"Kami ucapkan terima kasih kepada pemerintah, masyarakat serta semua pihak atas dukungannya hingga PLN dapat menyelesaikan pekerjaan ini, kami berkomitmen suplai listrik 24 jam penuh dilakukan mulai hari ini dan seterusnya," katanya lagi.

Dia menambahkan kini enam mesin pembangkit berkapasitas total 3,6 MW telah beroperasi untuk menyuplai listrik ke pelanggan di Kabupaten Deiyai, Dogiyai dan Paniai.

"Dengan 6.342 pelanggan yang ada dan beban puncak berkisar 2 MW, jumlah tersebut masih menyisakan surplus daya sebesar 1,6 MW, selanjutnya, kami akan berupaya agar pasokan listrik yang diberikan kepada pelanggan dapat terus andal," ujarnya lagi.

Baca juga: Listrik di Papua pakai tenaga surya
Baca juga: PLN siagakan 564 petugas amankan pasokan listrik PON Papua
Baca juga: Kementerian ESDM paparkan tiga strategi terangi Papua dan Papua Barat

Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2021