Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak 10 film terpilih untuk mengikuti Festival Film Indonesia 2010 yang pemenangnya akan diumumkan pada Desember 2010.

"Pada 15 November mulai dilakukan penjurian dan diharapkan pada 25 November penjurian ini selesai," kata Ketua Bidang Festival Komite FFI Labes Widar dalam jumpa pers di Gedung Film, Jakarta, Selasa.

Kesepuluh judul film itu adalah 3 Hati 3 Dunia 1 Cinta (sutradara Benny Setiawan, produksi PT Mizan Production), 7 Hati 7 Cinta 7 Wanita (Robby E Soediskam, PT Anak Negeri Film), Alangkah Lucunya Negeri Ini (Deddy Mizwar, PT Demi Gisela Citra Sinema), Cinta 2 Hati-Dilema (Benni Setiawan, Wanna Be Pictures).

Selain itu, Heartbreak.Com (Affandi Abdul Rahman, PT Nismayati Production), Hari Untuk Amanda (Angga Dwimas Sasongko, PT MNC Pictures), I Know What You Did on Facebook (Awi Suryadi, PT Pundimas Mahakarya Sejahtera), Minggu Pagi di Victoria Park (Lola Amaria, PT Lantip Binathoro Panuluh), Red Cobex (Upi, PT Kharisma Starvision Plus) dan Sehidup (Tak) Semati (Iqbal Rais, PT Millenium Visitama Film).

Pengumuman nominasi FFI 2010 akan dilakukan di Batam pada 28 November sementara pengumuman juara akan dilakukan di Jakarta pada 6 Desember.

Dalam menetapkan kesepuluh film itu, Labes menegaskan bahwa Komite Seleksi FFI 2010 tetap berpegang teguh pada visi, mekanisme dan dinamika penjurian guna memilih film-film yang secara utuh dinilai baik yakni memiliki tema dan gagasan yang bagus, disampaikan melalui cerita yang fokus, komprehensif, lancar dan menarik serta disajikan dengan standar kualitas sinematografi yang terjaga.

"Kesepuluh film ini tidak memiliki peringkat, semuanya memiliki kesempatan yang sama untuk dinilai oleh dewan juri di festival nantinya," ujar Labes.

Lebih dari 50 film panjang mengikuti FFI 2010 dan 60 judul film lainnya mengikuti kompetisi film dokumenter dan 67 film mengikuti kompetisi film pendek.

Sebelumnya, Komite Seleksi FFI 2010 hanya menetapkan delapan judul film panjang yang berhak mengikuti FFI 2010 namun protes menyebabkan Komite Seleksi akhirnya menambahkan dua judul film sehingga menjadi 10 film.

Protes itu didasarkan atas ketentuan dalam Pedoman Pelaksanaan FFI 2010 pada Bab III Pasal 3 butir 5 yang mengatur bahwa Komite Seleksi menetapkan sekurang-kurangnya 10 judul film dan sebanyak-banyaknya 15 judul film pilihan.(*)
(T.A043/N002/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010