Jadi, kami menunggu sampai akhir pekan nanti
Jakarta (ANTARA) - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cilincing, Jakarta Utara menyediakan vaksin Moderna bagi masyarakat umum atau non tenaga kesehatan (nakes), khususnya bagi mereka yang belum pernah mengikuti vaksinasi COVID-19 karena faktor medis.

"Ini sesuai dengan Surat Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Nomor 8561/-1.772.1 Perihal Vaksinasi COVID-19 Moderna," kata Direktur RSUD Cilincing, dr Suzie dalam keterangan resminya, di Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan calon peserta vaksinasi harus mendaftarkan diri terlebih dahulu melalui laman pendaftaran vaksinasi Moderna non nakes.

"Kami sudah membuka pendaftaran. Jadi, satu vial vaksinasi Moderna bisa digunakan oleh empat belas peserta," kata dr Suzie.

Setelah mengisi formulir pendaftaran tersebut, petugas layanan pelanggan (customer service) RSUD Cilincing akan menginformasikan jadwal vaksinasi kepada setiap calon peserta.

Baca juga: Pemkot Jakpus siapkan vaksin Moderna untuk masyarakat umum

Tentunya penjadwalan tersebut menyesuaikan dengan empat belas kuota pendaftar sesuai dengan takaran satu vial vaksinasi Moderna.

"Link pendaftaran sudah kami sampaikan kepada camat, lurah, kader, pengurus RT/RW dan lainnya. Jadi, kami menunggu sampai akhir pekan nanti, jika mencukupi kuota maka kami jadwalkan Senin, (23/8) dan petugas mengkonfirmasi kepada pendaftar sehari sebelumnya," ujar Suzie.

Yang perlu diperhatikan adalah calon peserta harus memiliki surat keterangan dokter dari fasilitas kesehatan baik negeri maupun swasta yang menyatakan belum pernah menerima vaksinasi lain seperti Sinovac dan AstraZeneca karena faktor medis.

Faktor medis adalah keadaan atau peristiwa yang ikut menyebabkan (mempengaruhi) calon peserta belum melaksanakan vaksinasi dengan AstraZeneca dan Sinovac, sehingga harus mendapatkan vaksinasi jenis Moderna.

"Ada kasus tertentu masyarakat tidak bisa mendapatkan vaksinasi Sinovac atau AstraZeneca karena alasan medis. Jadi, alasan itu harus dibuktikan dengan surat keterangan dokter bukan sekadar lisan saja," tutupnya.

Baca juga: Kadinkes: Vaksin Moderna untuk umum bagi yang belum menerima vaksin

Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta telah menunjuk lima fasilitas kesehatan di Jakarta Utara yang melayani vaksinasi Moderna. Kelima fasilitas kesehatan tersebut seperti RSUD Koja, Cilincing, RSUD Pademangan, Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading dan Puskesmas Kecamatan Tanjung Priok.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2021