Jakarta (ANTARA) - Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat Kristy Wathini mengatakan, warga yang mengidap autoimun sudah bisa menerima suntikan vaksin Moderna.

Kristy mengatakan, peluncuran program vaksinasi bagi pengidap penyakit autoimun diselenggarakan di Balai Kota DKI Jakarta pada Jumat, (20/8).

"Besok peluncuran untuk warga pengidap autoimun di Balai Kota," kaya dia di Jakarta, Kamis.

Sebelum program tersebut diluncurkan, dia mengatakan, 100 pengidap autoimun sudah terdaftar untuk menerima vaksin Moderna.
Nantinya, warga yang mengidap autoimun bisa mendatangi beberapa rumah sakit yang telah ditunjuk oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Berdasarkan akun Instagram @dinkesdki, terdapat enam rumah sakit di Jakarta Barat yang menyediakan vaksin Moderna. Enam rumah sakit itu, yakni RS Dharmais, RSUD Cengkareng, RSUD Taman Sari, RSUD Kalideres, RS Pelni dan Puskesmas Kecamatan Grogol Petamburan.

Sebelum mendaftar, warga diharapkan menelpon fasilitas kesehatan terkait dan menyiapkan beberapa syarat. Berikut persyaratan yang harus dipenuhi para peserta vaksin.

1. Hanya untuk warga dengan KTP DKI Jakarta atau berdomisili di DKI Jakarta
2. Pemeriksaan ke dokter dan mendapatkan surat persetujuan vaksinasi dengan Moderna
3. Mengisi pendaftaran di bit.ly/daftarvaksinautoimun
4. Menunggu konfirmasi lokasi dan jam melalui pesan whatsapp atau surat elektronik

Autoimun merupakan kondisi keterbatasan kekebalan tubuh yang tidak dapat menjalankan fungsi melawan infeksi virus, bakteri dan benda asing lainnya. Karena kondisi tersebut, tubuh mudah diserang penyakit.
Baca juga: 3.000 guru di Jakarta Barat sudah divaksin tahap satu
Baca juga: 69.442 siswa di Jakarta Barat sudah divaksin dosis satu

Pewarta: Walda Marison
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2021