Tokopedia ungkap tren transaksi di Hari Kemerdekaan

Tokopedia ungkap tren transaksi di Hari Kemerdekaan

Tokopedia mengadakan acara "Waktu Indonesia Belanja (WIB) TV Show Spesial Traktiran Ulang Tahun" pada Selasa (17/8/2021). (ANTARA/HO-Tokopedia)

bendera merah putih dan dekorasi 17-an...meningkat lebih dari dua kali lipat
Jakarta (ANTARA) - Tokopedia mengungkap tren transaksi selama sepekan jelang peringatan Hari Kemerdekaan hingga puncak 17 Agustus 2021 di platform e-commerce-nya.

Menurut Tokopedia, bendera merah putih menjadi barang yang terlaris dibeli oleh masyarakat. Hal ini menunjukkan bahwa kondisi pandemi tidak menyurutkan semangat masyarakat dalam merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia walaupun dari rumah.

“Terbukti dari jumlah transaksi produk bendera merah putih dan dekorasi 17-an, misalnya, masing-masing meningkat lebih dari dua kali lipat jika dibandingkan dengan periode yang sama pada 2020,” kata External Communications Senior Lead Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya dalam siaran pers dikutip Jumat.

Baca juga: Hakteknas, Tokopedia tawarkan elektronik lokal murah berkualitas

Baca juga: Tokopedia siap laporkan penjual produk kesehatan palsu ke polisi


Di peringkat selanjutnya, penjualan kaos dengan desain nasionalis juga meningkat drastis. Tokopedia mencatat jumlah transaksi kaos bergambar Indonesia melonjak hampir 3 kali lipat.

Yang menarik, jumlah transaksi kerupuk di Tokopedia meningkat lebih dari 2,5 kali lipat selama sepekan jelang Hari Kemerdekaan jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Selain kerupuk, makanan lainnya seperti nasi tumpeng juga diburu masyarakat. Menurut data internal Tokopedia, jumlah transaksi nasi tumpeng meningkat hampir 2 kali lipat.

Ekhel juga mencatat camilan lokal, seperti pisang goreng madu, bakmi, cokelat, serta kacang menjadi camilan favorit masyarakat jelang 17 Agustus 2021. Hal tersebut menandakan banyak masyarakat yang berbelanja produk makanan dan minuman melalui Tokopedia Nyam.

Bertepatan dengan HUT ke-76 RI, Tokopedia juga merayakan ulang tahunnya yang ke-12 dengan mengadakan acara "Waktu Indonesia Belanja (WIB) TV Show Spesial Traktiran Ulang Tahun" di beberapa stasiun televisi dan kanal video streaming Tokopedia Play.

Acara tersebut menghadirkan pengalaman belanja live dan interaktif serta melibatkan BTS sebagai brand ambassador Tokopedia. Jumlah penonton "WIB TV Show" di Tokopedia Play mencapai 1,5 juta views.

“Acara ini bahkan sempat menempati peringkat pertama trending topic di Indonesia maupun dunia,” kata Ekhel.

Baca juga: Produk lokal diminati saat promo 17 Agustus

Baca juga: Ragam program menarik rayakan HUT ke-76 RI dan HUT Tokopedia

Baca juga: Mitra Tokopedia perluas jangkauan, dukung kemajuan UMKM se-Indonesia

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Polda Banten ungkap transaksi palsu di lokapasar, raup Rp400 juta

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar