Semarang (ANTARA) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang mencatat sejumlah objek wisata di Ibu Kota Jawa Tengah ini sudah mulai kembali dibuka, menyusul penurunan status PPKM menjadi Level 3.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang Indriyasari di Semarang, Kamis, mengatakan, pembukaan objek wisata tersebut dilakukan secara bertahap, sesuai syarat yang telah ditentukan.

"Syarat yang harus dipenuhi antara lain jumlah pengunjung maksimal 25 persen dari kapasitas yang tersedia serta pengunjung harus sudah divaksin," katanya.

Selain pengunjung, para pegawai pengelola tempat wisata juga harus dipastikan sudah divaksin. Ia menyebut sekitar 80 persen pekerja hiburan dan wisata di Kota Semarang ini telah divaksin.

Adapun untuk pengunjung diwajibkan menunjukkan bukti vaksinasi melalui aplikasi Pedulilindungi atau dengan menggunakan kartu vaksin secara fisik yang nantinya akan dicocokkan dengan KTP.

Beberapa objek wisata yang sudah kembali dibuka antara lain Museum Lawangsewu, Kelenteng Sam Poo Kong, Semarang Zoo, serta Maerokoco.

Objek wisata lain yang sedang dalam persiapan dan akan kembali buka dalam beberapa hari ke depan antara lain Goa Kreo serta Taman Lele.

Ia mengimbau para pengunjung tempat wisata tetap menjalankan protokol kesehatan sehingga tidak memunculkan kasus baru COVID-19.
***1***

Pewarta: Immanuel Citra Senjaya
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2021