Inovasi tersebut sudah digunakan pada proyek Pertamina Hulu Mahakam
Balikpapan (ANTARA) - Dua pekerja PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM) menerima anugerah tanda kehormatan Satyalancana Wira Karya dari Presiden Joko Widodo atas inovasi teknologi yang  berdampak luas pada industri hulu migas Indonesia.

Senior Engineer Project Engineering di Pertamina Hulu Mahakam (PHM) Ardian Fandika memberikan sejumlah saran teknis sehingga produsen bisa meningkatkan kualitas produk pipa baja dalam negeri agar bisa digunakan untuk menambah penggunaan produk dalam negeri (TKDN) dalam operasi migas.

Baca juga: Produksi migas Pertamina Hulu Indonesia triwulan I-2021 lampaui target

“Inovasi tersebut sudah digunakan pada proyek PHM seperti South Mahakam Gas Supply ke Kilang Balikpapan (SMGS RU-V), Jumelai, dan Sisi Nubi (JSN) serta Well Connection untuk pengembangan Lapangan Tunu,” papar Humas Pertamina Pusat Fajriyah Usman dalam siaran pers, Kamis.

Kemudian Irawan Josodipuro yang juga bekerja di PHM yaitu sebagai spesialis ahli pipa bertekanan mampu menciptakan metode penilaian dan kualifikasi pengujian peralatan migas. Josodipuro menciptakan bejana tekan (static equipment) dan katup yang berhasil meningkatkan kualitas produk dalam negeri yang memenuhi standar internasional kompleksitas tinggi.

"Kami bangga, karena inovasi pekerja ini tidak hanya berguna untuk pencapaian kinerja perusahaan, namun juga berdampak positif bagi kemajuan industri migas dan juga mendorong peningkatan komponen dalam negeri yang menjadi target pemerintah," kata Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati.

Baca juga: Pertamina Hulu Mahakam mulai pengeboran sumur di Kalimantan

Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama juga turut berbangga dengan capaian kedua pekerja tersebut.

"Selamat kepada Saudara Ardian dan Saudara Irawan atas penghargaan dari Presiden RI. Ini sangat luar biasa," kata Basuki saat peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia di Pertamina.

Menurut Ardian Fandika, dari hasil analisis kualitas produk yang ia lakukan, ia memberi rekomendasi kepada pabrik untuk terus melakukan perbaikan.

Baca juga: Pertamina Hulu Mahakam mulai pembangunan anjungan lepas pantai Kaltim

Satyalancana Wira Karya adalah tanda kehormatan yang diberikan Pemerintah Republik Indonesia kepada para warganya yang telah memberikan darma bakti yang besar kepada negara dan bangsa Indonesia sehingga dapat menjadi teladan bagi orang lain. Pada peringatan Hari Kemerdekaan yang ke-76 tahun 2021 ini Pemerintah memberikan penghargaan ini kepada 16 warga Indonesia berprestasi.

Pewarta: Novi Abdi
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021