Jakarta (ANTARA) - Klub Austria Sturm Graz selangkah lagi kembali ke babak utama Liga Europa seusai mengalahkan Mura 3-1 dalam leg pertama playoff di Stadion Fazanerija, Murska Sobota, Slovenia, Kamis waktu setempat (Jumat WIB).

Sempat tertinggal lebih dulu akibat gol cepat Ziga Skoflek, Sturm bangkit meraih kemenangan disokong gol-gol yang dicetak Jakob Jantscher, Otar Kiteishvili dan Kelvin Yeboah, demikian catatan laman resmi UEFA.

Sturm akan berganti menjamu Mura dalam leg kedua yang akan dimainkan di Stadion Lebenauer, Graz, Austria, pada Kamis (26/8) pekan depan.

Bila mampu menjaga keunggulan agregat, Sturm akan kembali main di babak utama kompetisi Eropa setelah terakhir kali ambil bagian dalam fase grup Liga Europa 2011/12.

Pemenang playoff akan tampil di fase grup Liga Europa musim ini, sedangkan yang kalah akan turun kasta dan bermain di fase grup musim inagurasi Liga Conference.

Mura, yang sepanjang sejarah belum pernah tampil di babak utama kompetisi Eropa, sempat mengembangkan harapan mereka saat membuka keunggulan kala pertandingan baru berusia tiga menit lewat tembakan jarak jauh Skoflek.

Keunggulan itu tak bertahan lama, sebab pada menit ke-18 Jantscher mengkonversi tendangan penalti menyusul pelanggaran yang dilakukan Alen Kozar terhadap Kiteishvili di dalam area terlarang.

Skor imbang bertahan hingga turun minum dan tim tamu mampu berbalik memimpin lewat tandukan jarak dekat Kiteishvili menyambut umpan silang Yeboah pada menit ke-60.

Momentum Sturm berlanjut dan tiga menit berselang giliran Yeboah yang berhasil menjebol gawang tuan rumah setelah merangsek ke dalam kotak penalti Mura, membuat keunggulan Sturm jadi 3-1.

Kedua tim terus saling serang dan kiper Joerg Siebenhandl melakukan sedikitnya tiga penyelamatan gemilang untuk memastikan keunggulan Sturm bertahan hingga peluit bubaran.

Baca juga: Liga Europa memang liganya Unai Emery
Baca juga: Harry Kane absen bela Spurs lawan Pacos dalam Europa Conference League

Selanjutnya Rangers dan Olympiakos

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021