Jakarta (ANTARA) - Komunitas Changi Airport bersatu dalam mendukung Indonesia memerangi pandemi dengan mendonasikan 1.380 konsentrator oksigen.

Donasi ini dilakukan oleh Changi Foundation, unit filantropi dari Changi Airport Group (CAG), bersama dengan lebih dari 30 mitra bandara lainnya mulai dari industri ritel, teknik dan konstruksi, hingga staf bandara secara perorangan.

Mitra dari perusahaan penerbangan, Cargolux dan Singapore Airlines serta mitra logistik darat, SATS dan CEVA Logistics akan melakukan pengiriman konsentrator oksigen dari Los Angeles ke Singapura dan selanjutnya ke Jakarta.

“COVID-19 berdampak bagi semua orang dan tidak ada negara yang terhindar dari dampak pandemi, termasuk Singapura dan Indonesia. Tetapi tidak ada negara yang harus berjuang sendirian dalam melawan pertempuran ini. Saya rasa inilah yang kami pikirkan ketika komunitas Changi Airport menyatukan upaya, untuk mengambil bagian kecil dalam rangka membantu Indonesia, yang memiliki hubungan dekat dengan Singapura," ujar Lee Seow Hiang, Chief Executive Officer CAG dalam keterangannya resminya pada Jumat.

Lee Seow Hiang juga mengucapkan terima kasih kepada semua mitra dan kontributor dalam upaya ini.

"Kami berdiri bersama rakyat Indonesia selama masa sulit ini dan dengan tulus berharap kontribusi kami dapat membantu menyelamatkan nyawa yang berharga," tambah Lee Seow Hiang.

Pengiriman konsentrator oksigen yang pertama diberangkatkan dari Singapura pada Kamis (19/8) pukul 16.20 WIB dan tiba di Jakarta pada pukul 18.05 WIB. CAG telah bekerja sama dengan Pemerintah Indonesia melalui kedutaan besar Indonesia untuk Singapura dalam rangka memfasilitasi donasi ini. Kemudian, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia akan menyalurkan konsentrator oksigen ini ke berbagai rumah sakit di Indonesia untuk membantu penanganan pasien COVID-19.

Konsentrator oksigen diharapkan dapat membantu pasien COVID-19 yang mengalami penurunan kadar oksigen hingga menyebabkan gangguan pernapasan.

Pada kesempatan yang berbeda, Duta Besar Indonesia untuk Singapura Suryo Pratomo mengatakan bahwa situasi yang belum pernah terjadi sebelumnya ini membutuhkan komunikasi dan kolaborasi yang solid di antara masyarakat dunia untuk melawan virus COVID-19.

"Tidak ada satu negara pun yang dapat melawan pandemi ini sendirian, sehingga diperlukan kerja sama yang kuat. Indonesia dan Singapura telah menunjukkan arti sebenarnya dari a friend in need Is a friend indeed. Saya sangat menghargai bantuan konsentrator oksigen dari komunitas Singapore Changi Airport yang menunjukkan dukungan dan saling pengertian yang tulus atas perjuangan kita melawan pandemi di Indonesia. Terima kasih banyak," ujat Suryo Pratomo.

Baca juga: Godrej Indonesia beri 4.500 dosis vaksin bagi karyawan dan keluarga

Baca juga: 25 RS terima donasi alat kesehatan hingga tabung oksigen

Baca juga: HUT RI, Mamitoko beri donasi pada anggota pahlawan COVID-19

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021