NFT TokoMall buka peluang monetisasi seni digital di pasar global

NFT TokoMall buka peluang monetisasi seni digital di pasar global

NFT TokoMall buka peluang monetisasi seni digital di pasar global (ANTARA/HO)

Jakarta (ANTARA) - Tokocrypto memperkenalkan platform non-fungible token (NFT) marketplace TokoMall yang diharapkan dapat mendorong perkembangan pasar NFT di Indonesia dan mengajak kreator lokal untuk memperkenalkan serta memonetisasi karyanya di pasar global.

Chung Ying Lai, Chief Strategy Officer Tokocrypto menjelaskan, TokoMall membawa konsep digital meets reality, di mana karya seni dalam bentuk NFT dapat terjamin keunikan dan kelangkaannya.

Baca juga: Cara Jessica Iskandar wujudkan kebebasan finansial

"Dengan beralih ke NFT dan menjadikannya mainstream, kreator lokal berbakat Indonesia tidak hanya bisa memasarkan karyanya ke pasar yang lebih luas. Tetapi juga memastikan keunikan atau kelangkaan karyanya sebagai nilai lebih yang ditawarkan kepada para kolektor," kata Chung Ying Lai dalam siaran pers, Jumat.

"Selain itu, kreator bisa memastikan keberlangsungan royalti dari tiap NFT yang dipasarkan. Hal ini bisa menjadi jawaban atas permasalahan hak cipta dan royalti yang biasa dihadapi kreator jika melakukan pemasaran di dunia nyata," kata dia.

NFT di TokoMall bisa menjadi investasi jangka panjang bagi para kolektor, sebab terjamin keasliannya dan ada pilihan bagi kolektor untuk menukarkan NFT yang dikoleksi dengan barang atau karya asli dari merchant partner eksklusif TokoMall.

"Industri kreatif di Indonesia sedang berkembang karena adanya teknologi digital yang mempermudah akses bagi kreator dan kolektor. Tapi dengan blockchain dan NFT, ini bisa menjadi salah satu solusi sebagai perlindungan hak cipta kreator karena karya akan tercatat jelas dan transparan di blockchain," kata Faza Meonk, kreator "Si Juki."

"Ini juga bisa menjadi alternatif kreator mendapatkan revenue stream tambahan dan para kolektor juga bisa mengapresiasi kreator dengan mengkoleksi NFT ini,” ujar Faza Meonk.

TokoMall hadir sebagai bagian dari pengembangan utilitas Toko Token (TKO) yang dibangun di atas jaringan Binance Smart Chain (BSC). TokoMall memiliki beberapa kategorisasi yaitu NFT Exclusive berisi TKO Original, TKO lifestyle, TKO creative, TKO Stars dan lainnya.

Tiap lini kategorisasi bermitra dengan brand dan kreator lokal Indonesia sebagai merchant partner eksklusif seperti Nevertoolavish, MaximallFootwear, DAMN! I Love Indonesia, Banyan Core, Si Juki, ONIC E-Sports, SoreSore, Mr. Kinur, Karya Karsa, Jakarta Metaverse, dan Museum of Toys.

“Potensi kerjasama ONIC dan TokoMall sangat besar untuk membangun hype dan pengembangan pasar NFT di Indonesia. ONIC sendiri akan menghadirkan koleksi eksklusif yang ada nilai historis juga digital merchandise khusus di TokoMall," kata Justin Widjaja, COO ONIC E-Sport.

Selain fokus pada peluncuran platform, TokoMall juga menghadirkan inisiatif “Miss Crypto Indonesia”, sebuah campaign dari TokoMall yang menawarkan berbagai NFT merchandise dari TKO Angels dalam bentuk postcard, video, dan lainnya.



Baca juga: Tokocrypto dan Pluang hadirkan 29 koin kripto baru

Baca juga: Tokocrypto kenalkan aset kripto lewat "1 TKO for 1 Indonesia"

Baca juga: Berkenalan dengan NFT masa depan potensial untuk industri kreatif

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Menteri Sandi minta pelaku seni belajar dan ikuti kemajuan digital

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar