Wamenhan Muhammad Herindra jadi Komisaris Utama PT Len Industri

Wamenhan Muhammad Herindra jadi Komisaris Utama PT Len Industri

Wamenhan M Herindra saat membuka Rembug Nasional bertema "Menyatukan Persepsi dan Optimalisasi Program Nasional Bela Negara Dalam Rangka Membangun Sinergi dan Sinkronisasi Program Kebijakan PKBN Secara Masif dan Berkesinambungan", di Jakarta, Rabu (24/3/2021). ANTARA/HO-Humas Setjen Kemhan.

Langkah ini berkaitan dengan keseriusan langkah pemerintah dalam menugaskan PT Len Industri sebagai Ketua Holding BUMN Industri Pertahanan, DEFEND ID, yang ditargetkan holdingisasi dapat tercapai di tahun 2021
Jakarta (ANTARA) - Kementerian BUMN mengangkat Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) Muhammad Herindra sebagai Komisaris Utama PT Len Industri (Persero) atau Len.

“Hari ini pemegang saham melakukan pergantian Komisaris Utama Len. Langkah ini berkaitan dengan keseriusan langkah pemerintah dalam menugaskan PT Len Industri sebagai Ketua Holding BUMN Industri Pertahanan, DEFEND ID, yang ditargetkan holdingisasi dapat tercapai di tahun 2021,” ujar Direktur Utama Len, Bobby Rasyidin dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

Kementerian BUMN selaku pemegang saham PT Len Industri (Persero) melakukan perubahan susunan anggota Dewan Komisaris. Kementerian menetapkan Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) Muhammad Herindra sebagai Komisaris Utama Len, dan mengalih tugaskan Dean Arslan sebagai komisaris independen dari sebelumnya sebagai komisaris utama.

Perubahan tersebut ditetapkan dan disahkan melalui penyerahan Surat Keputusan Menteri BUMN Nomor: SK-274/MBU/08/2021 yang dilaksanakan secara online, pada Kamis, 19 Agustus 2021.

Sebelum menjadi Wamenhan pada akhir tahun 2020, Herindra dipercaya sebagai Kepala Staf Umum TNI sejak 21 Oktober 2020. Jabatan tersebut diembannya setelah menjadi Inspektur Jenderal TNI selama tahun 2018 hingga 2020.

Ia adalah lulusan Akademi Militer angkatan 1987 dan seangkatan dengan Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Andika Perkasa. Herindra yang lahir di Magelang , 30 November 1964, meraih Adhi Makayasa atau merupakan lulusan terbaik di angkatannya saat itu.

Karir militer Herindra dimulai dari komandan peleton, menanjak ke Komandan Resimen Sandiyudha, hingga Komando Pasukan Khusus. Kemudian pada tahun 2015-2016 ia diangkat menjadi Komandan Jenderal Kopassus. Pada 2015 Herindra sempat menjadi Kepala Staf Komando Daerah Militer (Kasdam) Siliwangi, sebelum menjadi Danjen Kopassus. Ia menjabat Panglima Kodam Siliwangi pada 2016-2017 setelah menjadi Danjen Kopassus.

PT Len Industri (Persero) adalah perusahaan BUMN yang berbasis teknologi dan bergerak dalam lini bisnis elektronika pertahanan, sistem transportasi, energi baru terbarukan, ICT dan sistem navigasi.

Len dalam industri pertahanan memfokuskan kompetensinya di bidang C5ISR (Command, Control, Communications, Computers, Cyber, Intelligence, Surveillance and Reconnaissance) untuk menyuplai alutsista dan mendukung kebutuhan operasional TNI maupun Kementerian Pertahanan.

Dengan demikian susunan Dewan Komisaris Len yang baru adalah:

Muhammad Herindra sebagai Komisaris Utama

Zuryati Simbolon sebagai Komisaris

Bambang Kusharto sebagai Komisaris

Dean Arslan sebagai Komisaris Independen

Rindoko Dahono sebagai Komisaris Independen

Helvi Yuni Moraza sebagai Komisaris Independen

Baca juga: Kemenperin dorong industri elektronika kembangkan produk Alpahankam
Baca juga: Kemenperin dukung kemandirian alutsista melalui Len Industri
Baca juga: Kementerian BUMN rombak susunan Direksi Len Industri

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Stafsus Menteri BUMN masih lakukan negosiasi perihal Garuda

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar