Bank Aladin Syariah dan Facebook kolaborasi bantu digitalisasi UMKM

Bank Aladin Syariah dan Facebook kolaborasi bantu digitalisasi UMKM

PT Bank Aladin Syariah Tbk (BANK) melakukan inisiatif bersama dengan Facebook Indonesia untuk memperluas literasi dan inklusi keuangan di Indonesia serta meningkatkan kemampuan digital pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). ANTARA/HO-Bank Aladin Syariah.

Kami terinspirasi dengan semangat pelaku UMKM untuk terus bertahan dan bertumbuh. Karena itu kami mendukung inisiatif ini agar semakin banyak pelaku UMKM di Indonesia dapat meningkatkan kemampuan digital mereka
Jakarta (ANTARA) - PT Bank Aladin Syariah Tbk melakukan inisiatif bersama dengan Facebook Indonesia untuk memperluas literasi dan inklusi keuangan di Indonesia sekaligus meningkatkan kemampuan digital pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Direktur Operasional Bank Aladin Syariah Basuki Hidayat menyampaikan bahwa landasan awal dilakukannya inisiatif tersebut adalah untuk membantu pelaku UMKM di tengah pandemi COVID-19.

"Hal ini sejalan dengan visi dari Bank Aladin sebagai bank syariah masa depan, yang terus berupaya untuk melakukan inovasi di dalam memberikan layanan jasa perbankan digital untuk Indonesia, termasuk dalam inisiatif ini yang dapat meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia. Inisiatif ini merupakan perjalanan awal antara Bank Aladin Syariah dengan Facebook," ujar Basuki dalam keterangan di Jakarta, Jumat.

Sementara itu, Country Director Facebook di Indonesia Pieter Lydian mengatakan selama pandemi COVID-19 melanda dunia, banyak sekali pelaku UMKM yang mengalihkan usaha mereka ke ranah digital agar usaha mereka dapat tetap berjalan.

"Kami terinspirasi dengan semangat pelaku UMKM untuk terus bertahan dan bertumbuh. Karena itu kami mendukung inisiatif ini agar semakin banyak pelaku UMKM di Indonesia dapat meningkatkan kemampuan digital mereka," ujar Pieter.

Dengan peningkatan inklusi keuangan serta kemampuan digital, pelaku UMKM akan mendapatkan manfaat maksimal dari penggunaan teknologi digital. Dengan infrastruktur teknologi yang dimilikinya, Facebook melihat hal tersebut akan bermanfaat dalam pertumbuhan bisnis pelaku UMKM.

"Khususnya di Facebook, Instagram, dan WhatsApp, untuk pertumbuhan bisnis mereka. Tentunya inisiatif ini (Bank Aladin dan Facebook) akan berjalan secara berkesinambungan," kata Pieter.

Pieter menyampaikan pihaknya sangat mengapresiasi inisiatif yang dilakukan oleh Bank Aladin. Selain itu, Pieter juga menambahkan bahwa pihaknya mendukung inisiatif berkesinambungan yang dilakukan oleh Bank Aladin untuk membantu UMKM melakukan proses transformasi digital.

"Kami sangat senang melihat inisiatif Bank Aladin. Karena, bank itu ketika bertransformasi dan mendukung transformasi industri 4.0, itu akan membawa calon-calon nasabah dan stakeholder lainnya untuk menuju ranah digital juga," ujarnya.

Pieter juga percaya bahwa inisiatif yang dilakukan Bank Aladin, salah satunya melalui pelatihan, dapat mendorong UMKM untuk meningkatkan kemampuannya serta dapat lebih cepat beradaptasi dengan perkembangan digital. Oleh karena itu, kerja sama tersebut juga diharapkan dapat meningkatkan literasi keuangan dan digital kepada pelaku UMKM.

"Mari kita bersama kita mendorong supaya, bisa mendorong literasi keuangan dari Bank Aladin, dan dari kita (Facebook) bisa mendorong literasi digital," kata Pieter.

Baca juga: Rangkul Halodoc, Bank Aladin dukung perluasan akses layanan kesehatan
Baca juga: KNEKS nilai prospek bank digital syariah menjanjikan
Baca juga: Google dan Facebook latih UMKM Indonesia tumbuh secara digital

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

BI Kpw Kalsel beri 500 paket bahan pangan untuk korban banjir

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar