Menparekraf dorong daerah kembangkan inovasi, ekraf dan pariwisata

Menparekraf dorong daerah kembangkan inovasi, ekraf dan pariwisata

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno (kanan) bersama Bupati Pandeglang Irna Narulita menghadiri workshop dan pendampingan bagi pelaku ekraf di Pendopo Pandeglang, Jumat (20/8/2021). ANTARA/Mulyana/am.

Pandeglang (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno kembali mengunjungi Kebupaten Pandeglang dalam upaya mendorong daerah-daerah melakukan inovasi untuk pengembangan potensi ekonomi kreatif dan pariwisata.

Sandiaga Salahudin Uno mengatakan, ekonomi kreatif akan tumbuh seiring dengan perkembangan pariwisata. Oleh sebab itu, pihak Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif siap mendorong pengembangan ekonomi kreatif dan pariwisata di Pandeglang, Banten..

"Ibu Bupati tenang saja, akan saya canangkan in syaa Allah Tanjung Lesung menjadi aset penting pengembangan kepariwisataan," kata Sandiaga Uno dalam workshop dan pendampingan bagi pelaku ekraf di Pendopo Kabupaten Pandeglang, Jum'at.

Baca juga: Menparekraf dorong sektor pariwisata jadi lokomotif pemulihan ekonomi

Ia meyakini bahwa pariwisata akan saling melengkapi dengan pengembangan ekonomi kreatif. Apalagi di daerah-daerah yang memiliki potensi ekonomi kreatif dan pariwisata yang bisa dikembangkan.

"Pandeglang banyak sekali potensinya karena saya sudah berkeliling di sini, baik ekonomi kreatif maupun potensi wisatanya," kata Sandiaga.

Menurutnya, kegiatan di Pandeglang ini merupakan rangkaian awal yang akan dilaksanakan di 25 Kabupaten Kota se Indonesia.

"Diawali dari Pandeglang, kita terus konsisten memberikan dukungan kepada ekonomi kreatif dengan tujuan mengembangkan ekonomi kreatif Indonesia untuk menumbuhkembangkan pengelola potensi lokal. Saya yakin kita akan bangkit, asalkan punya semangat, dengan ekonomi kreatif yang saling melengkapi bisa membuka peluang kerja," katanya.

Baca juga: Menparekraf dukung gerakan #CintaKitaBersama, bantu industri hiburan

Lebih lanjut Sandiaga Uno mengatakan, pengembangan pariwisata akan menjadi modal dasar untuk pengembangan ekonomi kreatif.

"Mari kita wujudkan Indonesia menjadi destinasi wisata berkelas dunia. Ekonomi kreatif akan tumbuh seiring perkembangan pariwisata," kata Sandiaga Uno.

Sementara Bupati Pandeglang Irna Narulita mengatakan, dengan adanya kegiatan workshop dan pendampingan bagi pelaku ekraf yang dilaksanakan hari ini, dapat meningkatkan inovasi dan kewirausahaan khususnya bagi pelaku ekonomi kreatif di Pandeglang.

"Manfaatnya banyak sekali buat masyarakat kami, dan harapannya tentu ekonomi kreatif di Pandeglang akan lebih maju," kata Irna Narulita.

Irna juga berharap destinasi wisata Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung, bisa kembali menjadi proyek prioritas karena memiliki peran besar mendorong pengembangan ekraf di Pandeglang. ***1***

Baca juga: Bisnis MICE akan peroleh bantuan insentif pemerintah dan dana hibah
Baca juga: Menparekraf ajak mahasiswa tingkatkan potensi budaya lokal
Baca juga: Sandiaga sebut ekonomi digital jadi kunci buka peluang usaha

Pewarta: Mulyana
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Menteri Sandi dukung Bakauheni Harbour City tampilkan produk ekraf

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar