Program vaksinasi kepada pelajar melalui sekolah-sekolah sempat terhenti karena persediaan vaksin habis. Namun, kami berencana melanjutkannya pekan depan
Yogyakarta (ANTARA) - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 menyatakan sejak dicanangkan pada pertengahan Juli 2021, jumlah pelajar di Kota Yogyakarta yang sudah menerima vaksinasi COVID-19 hingga saat ini tercatat sekitar 9.000 siswa dari total sekitar 24.000 pelajar di kota tersebut.

"Program vaksinasi kepada pelajar melalui sekolah-sekolah sempat terhenti karena persediaan vaksin habis. Namun, kami berencana melanjutkannya pekan depan," kata Ketua Harian Satgas Penanganan COVID-19 Yogyakarta Heroe Poerwadi di Yogyakarta, Jumat.

Menurut dia pemberian vaksinasi kepada pelajar akan terus dipercepat sebagai salah satu persiapan apabila kegiatan belajar mengajar secara langsung sudah diperbolehkan.

"Vaksin yang digunakan untuk pelajar memang hanya Sinovac. Kebetulan, persediaannya sempat habis sehingga ditunda terlebih dulu. Namun karena stok sudah kembali tersedia, maka program akan dilanjutkan," katanya.

Sebelumnya, program vaksinasi untuk pelajar khususnya jenjang SMP dipusatkan di empat sekolah yaitu SMP Negeri 5 Yogyakarta, SMP Negeri 6 Yogyakarta, SMP Negeri 8 Yogyakarta dan SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta.

"Siswa dari sekolah-sekolah terdekat juga akan diundang untuk datang ke sekolah yang menyelenggarakan vaksinasi," katanya.

Vaksinasi untuk pelajar di Kota Yogyakarta tersebut tidak hanya ditujukan untuk pelajar warga Kota Yogyakarta tetapi juga pelajar yang bersekolah di Kota Yogyakarta.

Heroe Poerwadi menambahkan kapasitas vaksinasi akan terus ditingkatkan untuk mempercepat tercapainya target sasaran vaksinasi di Kota Yogyakarta yaitu 75 persen atau jika memungkinkan seluruh warga sudah divaksin pada September.

Sebelumnya, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Yudiria Amelia mengatakan, selain melanjutkan vaksinadi dosis pertama untuk pelajar yang belum divaksin, juga akan dilakukan vaksinasi dosis kedua untuk pelajar.

"Semua pelajar nanti akan divaksin. Ketentuannya berusia lebih dari 12 tahun," katanya.

Baca juga: Ratusan pelajar SMP-SMU Yogyakarta ikuti vaksinasi COVID-19 dosis dua

Baca juga: Yogyakarta intensifkan pelayanan vaksinasi COVID-19 bagi pelajar

Baca juga: Yogyakarta awali pelaksanaan vaksinasi untuk anak diikuti 250 pelajar


 

Pewarta: Eka Arifa Rusqiyati
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2021