Jakarta (ANTARA) - Rafael Nadal pada Jumat mengonfirmasi bahwa dia bakal melewatkan US Open dan seluruh sisa turnamen musim ini karena masalah kaki kiri yang telah mengganggunya selama setahun belakangan.

Petenis peringkat empat dunia itu secara mengejutkan tersingkir dari turnamen di Washington bulan ini, yang merupakan turnamen pemanasan jelang Grand Slam US Open 2021, kemudian menarik diri dari Cincinnati Masters dan Canadian Open.

“Saya ingin mengonfirmasi bahwa sayangnya saya harus mengakhiri musim 2021 lebih dini,” kata Nadal lewat akun Twitter-nya, seperti dikutip Reuters.

“Sejujurnya saya telah merasa kesakitan dengan kaki saya selama satu tahun dan saya perlu mengambil jeda… untuk menemukan solusi dari persoalan ini atau setidaknya memulihkannya agar saya punya pilihan dalam beberapa tahun ke depan. 

“Saya akan melakukan apa pun untuk memulihkan diri dan terus bersaing untuk sesuatu yang benar-benar memotivasi saya. 

“Saya yakin bahwa dengan melakukan pemulihan kaki yang merupakan usaha yang sangat penting setiap harinya ini dapat tercapai. Saya akan bekerja keras mewujudkannya,” ungkap Nadal. 

Baca juga: Nadal keluar dari Cincinnati, menambah keraguan di US Open 
Baca juga: Nadal mundur dari Toronto Masters karena cedera kaki terus menerus 


Rival berat dan sesama kolektor 20 gelar Grand Slam Roger Federer sebelumnya juga telah mengumumkan keputusannya untuk mundur dari US Open dan absen selama berbulan-bulan karena harus menjalani operasi lutut.

Ini adalah tahun kedua Nadal dan Federer tidak tampil di Flushing Meadows. Pada edisi tahun lalu, petenis Spanyol itu absen karena kekhawatiran terhadap COVID-19, sedangkan Federer harus naik meja operasi.

Selain Nadal dan Federer, Dominic Thiem juga tidak akan mempertahankan gelarnya di US Open tahun ini yang berlangsung pada 30 Agustus-12 September karena cedera pergelangan tangan.

Dengan absennya ketiga pemain itu, maka petenis nomor satu dunia Novak Djokovic pun difavoritkan untuk merebut gelar demi melengkapi titel Grand Slam pada musim ini. 

Baca juga: Federer belum dapat pastikan kapan kembali ke lapangan 
Baca juga: Dominic Thiem bakal lewatkan turnamen sisa musim 2021 karena cedera 
Baca juga: Djokovic mundur dari Western & Southern Open 

 

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2021