Jakarta (ANTARA) - Pendidikan merupakan salah satu cara untuk menaikkan kelas sosial di masyarakat. Di sisi lain, pendidikan juga menjadi fondasi untuk membangun bangsa yang maju. Namun faktanya, masih banyak generasi muda di Indonesia yang tidak memiliki akses yang cukup untuk bisa menempuh pendidikan tinggi, terutama di universitas.

Khususnya di tengah situasi pandemi, sebagian mahasiswa terancam putus kuliah karena orang tua mahasiswa yang terkena PHK atau keadaan ekonomi keluarganya yang menurun. Imbasnya, banyak mahasiswa terancam tak bisa membayar uang Uang Kuliah Tunggal (UKT) atau biaya penunjang kuliah lainnya.

Baca juga: Cek Fakta: Najwa Shihab minta masyarakat gunakan medsos untuk berisik?

Peduli akan masa depan mahasiswa, Ternak Uang bersama Najwa Shihab dan Kitabisa berinisiatif untuk menggagas aksi solidaritas dalam program donasi "Celengan Beasiswa Mahasiswa Narasi x TU" untuk membantu mahasiswa yang kurang mampu agar bisa melanjutkan kuliah.

"Pendidikan merupakan salah satu kunci untuk bisa mendapatkan kehidupan yang lebih baik, sekaligus menjadi fondasi utama bagi bangsa yang ingin maju dan unggul dalam persaingan global. Oleh karena itu, saya tidak ingin masa depan mahasiswa putus karena pandemi. Saya pun ingin mengapresiasi usaha Ternak Uang karena memiliki komitmen yang sama untuk memajukan dunia pendidikan di Indonesia," ujar Najwa Shihab dalam keterangan resminya, Sabtu.

Sedangkan bagi Ternak Uang, pendidikan adalah salah satu jalur untuk membantu generasi muda, dalam hal ini mahasiswa, agar bisa memahami literasi finansial dan mengimplementasikannya di masa depan.

"Kami sungguh senang bisa bekerjasama dengan seorang figur seperti Najwa Shihab yang telah lama melakukan usaha nyata untuk membantu memajukan masa depan bangsa ini," kata Chief Product Officer & Co-founder Ternak Uang Felicia Tjiasaka.

Menurut Felicia tingkat literasi finansial di Indonesia masih rendah. Hal ini bisa terjadi karena edukasi terhadap finansial yang masih sulit diakses dan belum merata bagi masyarakat Indonesia.

"Semoga donasi yang terkumpul dalam Celengan Beasiswa Mahasiswa Narasi X Ternak Uang ini bisa membantu mahasiswa mengakses pendidikan, termasuk literasi finansial demi membantu kualitas kehidupan mereka sendiri,” kata dia.

Sebagai bagian dari komitmen dan dukungan terhadap pengembangan literasi finansial di kalangan generasi muda, Ternak Uang dan Najwa Shihab juga menggelar webinar bertajuk 'Literasi Finansial di Indonesia? Antara Ada dan Tiada' yang digelar pada hari Jumat, 20 Agustus 2021.

Berdasarkan survei yang dilakukan BEM Universitas Indonesia, 72 persen dari 3.321 mahasiswa mengaku kesulitan untuk membayar kuliah. Sedangkan dalam survei BEM Universitas Negeri Jakarta, 849 dari 1.177 mahasiswa telah menyatakan kesulitan untuk membayar UKT.


Baca juga: Xendit dukung UNICEF galang dana pendidikan untuk anak-anak di Papua

Baca juga: Askrindo gandeng Baznas salurkan donasi program pendidikan-kesehatan

Baca juga: UI terima donasi pendidikan Tahir Foundation Rp10 miliar

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021