Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua MPR RI Syarief Hasan mendukung pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI pada Oktober-November 2021 di Papua.

Menurut dia, dua pesta olahraga terbesar di Indonesia itu siap dilaksanakan dan menjadi kebanggaan untuk rakyat Papua sebagai tuan rumah PON XX dan Peparnas XVI.

“Saya mendukung penuh pelaksanaan PON XX dan Peparnas XVI 2021 yang tahun ini diselenggarakan di Papua. Ini sebuah pencapaian yang harus didukung karena akhirnya Papua menjadi tuan rumah PON XX dan Peparnas XVI,” katanya sebagaimana dikutip dari keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Penyelenggara memastikan persiapan PON XX dan Peparnas XVI di Papua telah memasuki tahap akhir. Beberapa fasilitas perlombaan juga telah rampung dibangun, kata Syarief Hasan.

Baca juga: Mahfud: Pemerintah siap selenggarakan PON XX dan Peparnas XVI di Papua

Ia mengakui pelaksanaan PON XX dan Peparnas XVI Tahun 2021 dilematis karena berlangsung di tengah situasi pandemi COVID-19.

Namun, ia yakin pemerintah akan menerapkan protokol kesehatan yang ketat sehingga dapat mencegah penyebaran COVID-19.

“Saya percaya bahwa pemerintah memiliki manajemen risiko yang dipersiapkan. Maka, kita dukung sekaligus tetap melaksanakan protokol kesehatan dengan disiplin,” kata politisi Partai Demokrat itu.

Pemerintah sebagaimana diwakili Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD pada Kamis (19/8) memastikan pihaknya dan tim panitia siap menyelenggarakan PON XX dan Peparnas XVI di Papua.

Baca juga: Mobile Legends, Free Fire, eFootball masuk esport di PON XX Papua

Menteri Pemuda dan Olahraga RI Zainudin Amali telah berkoordinasi dengan berbagai lembaga dan kementerian terkait agar dua acara nasional tersebut berjalan lancar, kata Mahfud MD.

“Mari kita dukung ini semuanya. Diharapkan semuanya membangun situasi kondusif, baik dari sudut politik, hukum, dan keamanan," kata Mahfud.

PON XX akan digelar di Papua pada 2-15 Oktober 2021, sementara Peparnas pada 2-15 November 2021.

Baca juga: PB PON XX Pemprov Papua luncurkan aplikasi Papua Tourism

 

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2021