Menhub berharap isoter COVID -19 di Belawan sukses seperti di Makasar

Menhub berharap isoter COVID -19 di Belawan sukses seperti di Makasar

Peninjauan ke isoter pasien COVID-19 tanpa gejala di KM Bukit Raya milik Pelni di Pelabuhan Belawan, Sabtu (21/8/2021). ANTARA/HO-Pelindo I/am.

pemerintah terus berupaya menambah isoter termasuk dengan memanfaatkan kapal milik Pelni yang tidak beroperasi di masa pandemi COVID-19.
Medan (ANTARA) - Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi berharap isolasi terpusat (isoter) bagi pasien COVID-19 tanpa gejala di Kapal Motor (KM) Bukit Raya
milik PT Pelni di Pelabuhan Belawan bisa berjalan sukses seperti di Makasar.

"Tempat isoter di Kapal Pelni di Pelabuhan Belawan diharapkan bisa berjalan sukses seperti di Makasar yang beroperasi pertama kali," ujarnya di Belawan, Sabtu.

Dia mengatakan itu saat meninjau isoter di Pelabuhan Belawan bersama Menteri BUMN Erick Thohir, Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution dan sejumlah pejabat lainnya.

Dia menegaskan, salah satu kunci untuk menangani COVID-19 adalah dengan penyediaan fasilitas isoter.

Untuk itu, katanya, pemerintah terus berupaya menambah isoter termasuk dengan memanfaatkan kapal milik Pelni yang tidak beroperasi di masa pandemi COVID-19.
Baca juga: Pemerintah siapkan isolasi terpusat gunakan kapal Pelni
Baca juga: Menhub bersama Menteri BUMN tinjau kapal isolasi terapung di Medan

Pengoperasian isoter di Kapal Pelni sendiri, ujar Menteri Perhubungan, merupakan bukti nyata bentuk kolaborasi dan komitmen pemerintah, baik pusat mau pun Pemerintah Kota Medan untuk mendukung upaya percepatan pemulihan COVID-19.

Penyediaan KM Bukit Raya sebagai lokasi isoter merupakan wujud kerja sama antara Pemkot Medan, Kementerian Perhubungan , Pelni dan Pelindo 1.

KM Bukit Raya tiba di Pelabuhan Belawan, pada 16 Agustus 2021.

Kapal itu berkapasitas 463 tempat tidur dengan peruntukkan sebanyak 450 untuk pasien dan 13 untuk tenaga kesehatan.

Pemkot Medan sudah melakukan pembenahan dan penataan bentuk dalam kapal sehingga dapat difungsikan sesuai kebutuhan lokasi isoter.

Direktur Utama Pelindo 1, Prasetyo menegaskan, Pelindo berkomitmen penuh untuk memberi dukungan dalam upaya percepatan pemulihan COVID-19 di Kota Medan.

Dukungan itu dengan menyediakan fasilitas dermaga di Pelabuhan Belawan untuk tempat bersandarnya Kapal Motor (KM) Bukit Raya milik PT Pelni.
Baca juga: Empat kapal milik PT Pelni jadi tempat isolasi terpusat COVID-19
Baca juga: Maksimalkan isolasi apung, Makassar bentuk tim detektor edukasi warga

Pewarta: Evalisa Siregar
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar