Kembangkan "TIJE", TransJakarta raih penghargaan utama di IDX Channel

Kembangkan "TIJE", TransJakarta raih penghargaan utama di IDX Channel

Sebuah bus TransJakarta melintas di kawasan Jenderal Sudirman, Jakarta, Sabtu (3/7/2021). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/hp.

Jakarta (ANTARA) - Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta, PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) meraih penghargaan utama pada ajang IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia (ICAII) yang mengusung tema "Accelerating Economic Recovery in Pandemic".

Baca juga: JakLingko beri tarif khusus untuk lansia dan disabilitas

Dalam acara yang digelar secara virtual pada Kamis (19/8) malam lalu, BUMD DKI Jakarta pada sektor transportasi tersebut memenangkan penghargaan utama untuk kategori Produk dan Model Bisnis melalui "TIJE Apps" sebagai platform bisnis dan layanan pelanggan terintegrasi.

"Semua tentunya tidak lepas dari dukungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang terus memberi dukungan pada setiap inovasi yang dilakukan TransJakarta hingga saat ini, termasuk dengan TIJE Apps yang telah dinikmati masyarakat sejak akhir 2020 lalu," kata Direktur Utama PT TransJakarta Sardjono Jhony Tjitrokusumo di Jakarta, Sabtu.

Aplikasi TIJE merupakan platform bisnis dan layanan untuk pelanggan secara digital sebagai salah satu solusi terbaik di tengah pandemi yang membuat segala aktivitas menjadi sangat terbatas.

Harapannya, Tije Apps dapat memudahkan masyarakat ketika menggunakan layanan TransJakarta baik dalam melakukan pembayaran, pemesanan tiket hingga melihat posisi serta waktu kedatangan bus secara terkini, sehingga semua pembayaran menjadi "touchless" dan "cashless" yang diharapkan bisa meminimalisasi penyebaran virus corona.

Menurut Jhony, penghargaan ini tentu menjadi motivasi bagi PT Transportasi Jakarta untuk terus bertransformasi dari berbagai sisi agar dapat memberikan pelayanan terbaik kepada jutaan pelanggannya.

Jhony menjelaskan TIJE Apps merupakan salah satu inovasi dan bentuk transformasi yang terus digalakkan oleh perusahaan.

Baca juga: TransJakarta wajibkan sertifikat vaksinasi kepada penumpang

Ke depannya, TransJakarta mempersiapkan inovasi lainnya yang memberi kemudahan masyarakat dalam hal transportasi, salah satunya dengan menerapkan sistem pengenalan wajah (face regocnition) sebagai akses masuk ke dalam "gate" halte.

Inovasi ini dilakukan selain untuk memudahkan masyarakat, juga sebagai bukti akan konsistensi TransJakarta dalam memberikan pelayanan terbaik dan berupaya untuk mengikuti perkembangan zaman, serta teknologi yang terus berkembang dari waktu ke waktu, tidak terkecuali di sektor transportasi.

"Semoga apresiasi ini menjadi dorongan bagi TransJakarta untuk terus berkembang dan beradaptasi untuk pemanfaatan teknologi di segala lini termasuk dalam bisnis dan layanan publik secara beriringan. Diharapkan bisa menjadi daya saing perusahaan dan meningkatkan kontribusi maksimal bagi masyarakat dan juga bangsa," kata Jhony.

Sebagai tambahan, TIJE Apps merupakan platform digital yang diluncurkan pada Oktober 2020 dengan menghadirkan fitur awal yakni transfer tiket, digital QR Ticketing, smart assistance, estimasi kedatangan bus secara terkini.

Kemudian, pengembangan aplikasi terus dilakukan dengan kembali meluncurkan 6 fitur tambahan yang tidak kalah canggih serta ramah kesehatan, yakni homepage dengan tampilan yang lebih simple dan menarik, Tjari bus, Tjari Rute, Informasi rute, Informasi Halte dan Loyalti-je. Proses pembayaran juga semakin dimudahkan dengan pembayaran digital menggunakan E-wallet dari LinkAja dan AstraPay.

Baca juga: Sistem integrasi transportasi JakLingko pada 2022 setara negara maju

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Taufik Ridwan
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Sandiaga dorong pelaku UMKM gali inovasi dan kreativitas

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar