Jakarta (ANTARA) - Diogo Jota dan Sadio Mane mencetak gol yang membawa Liverpool menundukkan Burnley 2-0 dalam laga pekan kedua Liga Inggris di Stadion Anfield, Sabtu.

Jota mencetak gol di babak pertama sebelum Mane menyusulnya di paruh kedua demi membantu Liverpool menjaga catatan sempurna dua kemenangan dari dua laga pertama musim ini.

Liverpool sementara naik ke puncak klasemen dengan raihan enam poin penuh, sedangkan Burnley yang masih nirpoin ada di urutan ke-17, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Sebelum sepak mula, Liverpool mengajak Burnley serta para suporter di Anfield untuk mengheningkan cipta memberi penghormatan kepada Andrew Devine yang oleh klub secara resmi diakui sebagai korban ke-97 dari Tragedi Hillsborough.

Baca juga: Burnley capai tengaran unik saat sambangi Anfield
Baca juga: Jadwal Liga Inggris: misi reparasi awal musim Manchester City


Di hadapan Anfield yang terisi padat, Liverpool bermain sabar dan malah terancam lebih dulu pada menit keempat saat Trent Alexander-Arnold dipaksa menghalau bola di garis gawang atas tembakan Dwight McNeil. Pun bila bola masuk ke gawang, sudah pasti akan dianulir sebab hakim garis lebih dulu mengangkat bendera pertanda offside.

Setelah mulai menemukan ritme permainan serangan cepatnya, Liverpool membuka keunggulan melalui gol Jota pada menit ke-18. Berawal dari aksi Kostas Tsimikas, bek kiri itu melepaskan umpan silang akurat yang ditemui sundulan sederhana Jota untuk memperdaya kiper Nick Pope.

Tim tamu nyaris segera mencetak gol balasan dua menit kemudian, saat McNeil menyambar umpan sodoran Ashley Barnes dengan tembakan keras yang sayangnya masih bisa dimentahkan oleh kiper Alisson Becker.

Pada menit ke-27, Mohamed Salah melakukan selebrasi di hadapan The Kop seusai menjebol gawang Burnley dengan sepakan apik. Sayang selebrasi itu kemudian buyar karena VAR menyatakan Salah sudah terjebak offside saat Harvey Elliott mengirim umpannya.

Kedua tim terus saling serang dan tiga menit jelang turun minum peluang Liverpool menggandakan keunggulan lewat tembakan Elliott dihadang oleh James Tarkowski sedangkan sambaran Salah atas bola muntah juga dimentahkan kapten Burnley Ben Mee menggunakan kepalanya.

Di ujung lapangan berbeda, Alisson gagal mengantisipasi bola tendangan bebas Matthew Lowton memberi kesempatan Tarkowski menanduknya, sayang sundulannya masih melenceng tipis di sisi gawang.

Baca juga: Van Dijk akui emosional dan sulit saat kembali main setelah lama absen
Baca juga: Jurgen Klopp puas dengan kembalinya Virgil van Dijk bersama Liverpool


Keunggulan Liverpool bertahan hingga turun minum dan Burnley membuka babak kedua dengan keberhasilan Barnes menyarangkan bola ke gawang tuan rumah, sayang gol itu dianulir dan tayangan ulang memperlihatkan ia memang sudah terjebak offside.

Setelah saling serang, Liverpool akhirnya menggandakan keunggulan mereka melalui gol Mane pada menit ke-69 yang kreasinya dimulai dari Virgil van Dijk. Van Dijk mengirim umpan jauh yang berusaha dikendalikan Harvey Elliott, diteruskan ke Alexander-Arnold yang kemudian menyonteknya jadi umpan terobosan matang diselesaikan Mane tanpa cela.

Liverpool terus berusaha menambah keunggulan sayang umpan Salah gagal dijangkau Mane dan tembakan melengkung penyerang Mesir itu kemudian melenceng dari sasaran. Skor 2-0 tak berubah hingga bubaran memastikan Liverpool melanjutkan tren nirkalah mereka sejak musim lalu jadi 12 pertandingan beruntun dan enam kemenangan berturut-turut.

Di pertandingan selanjutnya Liverpool akan menjamu Chelsea pada Sabtu (28/8) pekan depan, sedangkan Burnley sehari kemudian menjamu Leeds United di Turf Moor.

Namun sebelum itu, pada Rabu (25/8), Burnley bakal terlebih dulu melakoni laga putaran kedua Piala Liga Inggris melawan Newcastle United di St. James' Park.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2021