Jakarta (ANTARA) - Borussia Dortmund tersungkur di kandang SC Freiburg dan menelan kekalahan 1-2 dari tuan rumah dalam laga pekan kedua Liga Jerman di Stadion Dreisam, Baden-Wuerttemberg, Sabtu.

Gawang Dortmund dibobol Vincenzo Grifo dan Roland Sallai pada tiap babak, bahkan tim besutan Marco Rose itu butuh "bantuan" gol bunuh diri Yannik Keitel untuk mencetak balasan.

Dengan hasil tersebut, Dortmund melorot turun ke urutan kelima klasemen gagal menambah raihan tiga poin, sedangkan Freiburg (4) sementara naik ke posisi kedua, demikian catatan laman resmi Liga Jerman.

Baca juga: Pelatih Dortmund yakin Haaland akan bertahan bila raih trofi musim ini
Baca juga: Lewandowski ingin pergi dari Muenchen untuk cari tantangan baru


Dortmund sebetulnya nyaris membuka pertandingan dengan sempurna ketika umpan Felix Passlack diselesaikan oleh Erling Haaland dari tengah kotak penalti pada menit keempat, tetapi kiper Mark Flekken mampu mengamankan bola.

Dua menit kemudian justru tuan rumah yang sukses memimpin lewat eksekusi tendangan bebas akurat yang dilepaskan oleh Grifo melewati pagar hidup Dortmund dan menaklukkan kiper Gregor Kobel.

Dortmund terus membombardir pertahanan tuan rumah tetapi Flekken sukses mementahkan bola-bola tembakan Jude Bellingham dan Haaland.

Sebaliknya pada menit ke-30 Nico Schlotterbeck nyaris menggandakan keunggulan Freiburg sayang sundulannya menyambut umpan tendangan bebas Grifo bisa diamankan oleh Kobel.

Dortmund mengancam lagi tujuh menit berselang melalui tembakan spekulasi jarak jauh Bellingham yang tepat sasaran, tetapi sekali lagi Flekken kembali mengamankan gawang tuan rumah.

Baca juga: Direktur Monchengladbach akui berat jual Marcus Thuram
Baca juga: Leipzig petik kemenangan perdana era Jesse Marsch, lumat Stuttgart 4-0


Keunggulan Freiburg bertahan hingga turun minum dan tiga menit memasuki babak kedua Haaland kembali beroleh peluang saat menerima umpan silang dari Giovanni Reyna, tetapi sundulannya masih melayang tipis di atas mistar gawang.

Freiburg justru sukses menggandakan keunggulan mereka pada menit ke-53 memanfaatkan situasi serangan balik cepat yang diakhiri Sallai menyontek umpan sundulan Lucas Hoeler untuk mengoyak gawang tim tamu.

Kerja keras Dortmund baru membuahkan hasil enam menit berselang ketika bola tembakan Bellingham sukses melesak ke gawang Freiburg. Bola sempat mengenai upaya hadangan Keitel sebelum masuk ke gawang Freiburg sehingga tercatat sebagai gol bunuh diri.

Dortmund terus berjibaku untuk setidaknya menyamakan kedudukan, tetapi empat percobaan tembakan yang mereka lakukan di sisa waktu yang ada tak membuahkan gol dan Freiburg sukses menjaga skor 2-1 hingga peluit tanda bubaran.

Di pertandingan selanjutnya, Dortmund akan main pada Jumat (27/8) menjamu TSG Hoffenheim di Signal Iduna Park, sehari sebelum Freiburg bertandang ke Mercedes-Benz Arena menghadapi VfB Stuttgart.

Baca juga: Bayern Muenchen berpeluang lampaui rekor gol saat jamu Cologne
Baca juga: Leipzig petik kemenangan perdana era Jesse Marsch, lumat Stuttgart 4-0

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2021