Liga Belanda

PSV hantam tim promosi Cambuur 4-1

PSV hantam tim promosi Cambuur 4-1

Bek PSV Eindhoven Olivier Boscagli (kanan) melakukan selebrasi bersama Ibrahim Sangare seusai mencetak gol pelengkap kemenangan atas Cambuur Leeuwarden dalam lanjutan Liga Belanda di Stadion Philips, Eindhoven, Belanda, Sabtu (21/8/2021) waktu setempat. (ANTARA/AFP/ANP/Maurice van Steen)

Jakarta (ANTARA) - PSV Eindhoven menghantam tim promosi Cambuur Leeuwarden dengan skor 4-1 dalam laga pekan kedua Liga Belanda di Stadion Philips, Sabtu waktu setempat (Minggu WIB).

Davy Proepper, Eran Zahavi dan Noni Madueke bergantian menjebol gawang Cambuur yang sempat membalas sekali melalui Alex Bangura sebelum Olivier Boscagli melengkapi kemenangan PSV di laga kali ini.

Hasil itu melanjutkan tren positif awal musim PSV yang menyapu bersih kemenangan di dua laga pertama dan sementara naik ke puncak klasemen dengan koleksi enam poin.

Sedangkan Cambuur, yang baru kembali tampil di kasta tertinggi setelah lima tahun absen, menandai dua laga pertama musim promosinya dengan kekalahan dan terdampar di dasar klasemen tanpa poin, demikian catatan laman resmi Liga Belanda.

Baca juga: PSV awali musim bekuk Heracles, AZ tumbang di markas RKC Waalwijk

Tim besutan Roger Schmidt berusaha memperlihatkan perbedaan kelas mereka dengan Cambuur sejak awal laga dan sukses membuka keunggulan pada menit ke-18 saat Proepper menanduk bola sepak pojok kiriman Cody Gakpo.

Tiga menit berselang keunggulan itu segera berganda ketika Zahavi melepaskan tembakan dari luar kotak penalti selepas menerima umpan sodoran Bruma, demi melesakkan bola pojok kanan bawah gawang tim tamu.

Kendati tertekan, Cambuur sesekali melepaskan ancaman ke pertahanan PSV, sebagian besar lewat tendangan spekulasi jarak jauh termasuk yang dilepaskan Tamas Kiss pada menit ke-35 tetapi bola masih bisa diamankan kiper Joel Drommel.

Skor 2-0 bertahan hingga turun minum dan tiga menit memasuki babak kedua Madueke melanjutkan perannya sebagai bintang baru PSV dengan mencetak gol ketiga tuan rumah memanfaatkan bola operan Jordan Teze.

Baca juga: Liga Belanda 2021/22 bergulir, Heerenveen menang di markas tim promosi

Setelah pertahanan mereka terus dibombardir, Cambuur sempat memperkecil ketertinggalan mereka lewat tembakan sudut sempit Bangura yang sukses memperdaya Drommel demi mengubah kedudukan jadi 1-3 pada menit ke-66.

Namun alur pertandingan tetap sepenuhnya berada dalam genggaman PSV, yang belakangan pada menit keempat injury time melengkapi kemenangan jadi 4-1 lewat gol tembakan jarak jauh Boscagli.

Kedua tim akan memainkan pertandingan lanjutan masing-masing pada Sabtu (28/8) pekan depan, saat PSV menjamu Groningen dan Cambuur menyambut kedatangan Twente di kandangnya sendiri.

Sebelum itu, PSV akan mempertaruhkan peluang mereka tampil di babak utama Liga Champions musim ini saat melakoni leg kedua playoff melawan wakil Portugal, Benfica, di mana mereka dibebani ketertinggalan agregat 1-2.

Baca juga: Feyenoord tutup pekan pembuka Liga Belanda gulung Willem 4-0
Baca juga: Ajax buka musim dengan pesta lima gol tanpa balas kontra tim promosi

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar