Liga Italia

Lazio awali musim hempaskan Empoli, Atalanta menang dramatis di Torino

Lazio awali musim hempaskan Empoli, Atalanta menang dramatis di Torino

Penyerang Atalanta Roberto Piccoli (tengah) merayakan gol penentu kemenangan ke gawang Torino dalam laga pekan pembuka Liga Italia 2021/22 di Stadion Olimpico Grande, Torino, Italia, Sabtu (21/8/2021) waktu setempat. ANTARA/AFP/Marco Bertorello.

Jakarta (ANTARA) - Lazio mengawali musim mereka di Liga Italia 2021/22 dengan menghempaskan tim promosi Empoli saat di laga lain Atalanta meraih kemenangan dramatis di Torino.

Bertandang ke Stadion Carlo Castellani, Sabtu waktu setempat (Minggu WIB), Lazio mampu bangkit dari ketertinggalan untuk menundukkan Empoli 3-1.

Empoli, yang kembali promosi ke kasta tertinggi setelah dua tahun, sempat mengawali pertandingan dengan meyakinkan setelah membuka keunggulan saat laga baru berusia empat menit dan Filippo Bandinelli melepaskan tembakan akurat untuk mengoyak gawang tim tamu.

Namun, keunggulan itu tak bertahan lama, sebab dua menit kemudian Lazio segera menyamakan kedudukan saat umpan sepak pojok Felipe Anderson disambut tandukan Sergej Milinkovic-Savic demi membuat kedudukan imbang 1-1.

Baca juga: Pedro Rodriguez resmi menyebrang dari AS Roma ke Lazio

Pertandingan berlangsung relatif terbuka dan Empoli nyaris merestorasi keunggulan mereka jika saja bola tembakan jarak jauh Bandinelli tak ditolak oleh tiang gawang pada menit ke-24.

Tujuh menit kemudian justru Lazio yang berbalik memimpin ketika umpan terobosan Milinkovic-Savic bisa dikejar, dikendalikan dan diselesaikan sempurna oleh Manuel Lazzari untuk menaklukkan kiper Guglielmo Vicario.

Tim tamu lantas memperoleh hadiah tendangan penalti setelah Vicario dinyatakan melanggar Francesco Acerbi dalam situasi sepak pojok dan kesempatan itu dimanfaatkan sempurna oleh Ciro Immobile yang mengkonversi bola dari titik putih untuk memperlebar keunggulan Lazio empat menit jelang turun minum.

Babak kedua berlangsung terbuka dan Lazio nyaris menambah keunggulan jika saja penyelesaian Elseid Hysaj atas umpan terobosan Acerbi tak dimentahkan oleh Vicario.

Baca juga: Felipe Anderson resmi kembali berseragam Lazio
Baca juga: Maurizio Sarri resmi jadi pelatih baru Lazio


Sebaliknya, Empoli yang terus berusaha membalas mendapati satu peluang mereka berakhir membentur mistar gawang dari tembakan jarak jauh Nedim Bajrami pada menit ketiga injury time, memastikan skor 3-1 bagi Lazio tak berubah hingga bubaran.

Hasil itu membuka era baru Lazio di bawah Maurizio Sarri menduduki posisi kedua klasemen dengan koleksi tiga poin dan selisih gol surplus dua, persis di bawah juara bertahan Inter Milan (3).

Sedangkan Empoli yang nirpoin dan memiliki defisit dua gol berada di peringkat ke-19, demikian catatan laman resmi Liga Italia.


Atalanta menang dramatis

Dalam pertandingan lain yang dilangsungkan bersamaan di Stadion Olimpico Grande, Atalanta menang dramatis 2-1 atas tuan rumah Torino.

Atalanta memimpin lewat gol cepat Luis Muriel yang menyelesaikan umpan Josip Ilicic dengan sepakan jarak jauh.

Kendati tampil relatif dominan, Atalanta gagal menjaga keunggulan mereka dan Torino menyamakan kedudukan pada menit ke-79 lewat penyelesaian luar kotak penalti Andrea Belotti.

Baca juga: Atalanta pinjam Merih Demiral dari Juventus
Baca juga: Juventus lepas Marko Pjaca ke Torino dengan status pinjaman


Kedua tim sepertinya akan berbagi satu poin hingga pada menit ketiga injury time Mario Pasalic mengirimkan umpan yang diselesaikan Roberto Piccoli dari tengah kotak penalti demi mengunci kemenangan Atalanta 2-1 atas Torino.

Atalanta sementara duduk di peringkat keempat dengan raihan tiga poin, sedangkan Torino yang nirpoin ada di urutan ke-18.

Untuk pertandingan selanjutnya, keempat tim akan bermain pada Sabtu (28/8) pekan depan, saat Empoli bertandang ke markas Juventus, Lazio menjamu Spezia, Torino melawat ke kandang Fiorentina dan Atalanta menjamu Bologna di Stadion Gewiss.

Baca juga: Debut gemilang Calhanoglu dan Dzeko bantu Inter menangi laga pembuka
Baca juga: Mourinho sebut tantangan Roma berbeda dibanding pekerjaan terdahulu
Baca juga: Allegri: Ronaldo sendiri bilang akan bertahan di Juventus

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar