Ketua DPRD-MUI Bangka sepakat perkuat kemitraan tingkatkan SDM umat

Ketua DPRD-MUI Bangka sepakat perkuat kemitraan tingkatkan SDM umat

Ketua DPRD Bangka Iskandar saat menyampaikan sambutan dalam acara dialog dengan MUI setempat. ANTARA/Kasmono.

Saya yakin MUI mampu menciptakan hubungan harmonis kerukunan antarumat beragama
Sungailiat, Bangka (ANTARA) - Ketua DPRD Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Iskandar bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI) daerah setempat sepakat memperkuat kemitraan guna meningkatkan sumber daya manusia (SDM) umat Islam.

Di Sungailiat, Minggu, melalui pesan elektronik, Iskandar mengatakan pihaknya bersama MUI sepakat meningkatkan SDM umat dalam mengimplementasikan nilai keimanan dalam kehidupan sehari-hari berlandaskan Al Quran dan Hadist.

Hal penting lainnya, dalam pertemuan yang dihadiri lima orang perwakilan dari delapan kecamatan, kata dia, berhasil merencanakan hubungan kerja ke depan antara lembaga MUI dengan pemerintah daerah.

"Saya mengajak seluruh umat Islam dan masyarakat umum lainnya tetap menjaga persatuan serta dapat melakukan perbuatan positif yang memberikan nilai manfaat bagi kepentingan bersama," ujarnya pula.

Dia menyatakan, sinergitas institusi legislatif dengan MUI memiliki nilai konstruktif selaras dengan salah satu fungsi MUI yakni pemberi edukasi dan pembimbing bagi penganut agama Islam, termasuk mencakup pemberi solusi bagi masalah keagamaan di dunia internasional.

MUI, kata Iskandar adalah sebuah lembaga formal yang menghimpun dan mewadahi para ulama, cendekiawan Muslim, sehingga tanggung jawab dan peran MUI di tengah masyarakat sangatlah besar dan strategis sekali.

Dia menilai, MUI memberikan andil cukup besar dalam membantu suksesnya proses pembangunan di Kabupaten Bangka, khususnya di bidang keagamaan, kemaslahatan umat serta masyarakat umum lainnya.

"Saya yakin MUI mampu menciptakan hubungan harmonis kerukunan antarumat beragama," ujarnya lagi.

Iskandar berpesan, agar MUI dapat membantu memberikan edukasi pemahaman kepada masyarakat pentingnya penerapan prokses agar Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-CoV-2) yang berjalan hampir dua tahun dapat segera berakhir.

"Saya optimis dengan terbangunnya silaturahmi dapat memberikan manfaat untuk kepentingan masyarakat meskipun sedikit," ujarnya pula.

Iskandar mengatakan, kepentingan umat dan masyarakat umum harus diutamakan guna terwujudnya persatuan dan kesejahteraan.
Baca juga: MUI deklarasikan sembilan hasil KUII ke-VII Bangka Belitung
Baca juga: MUI inginkan Bangka Belitung "role model" industri halal Indonesia

 

Pewarta: Kasmono
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar