Liga Belanda

Ajax harus puas dengan satu poin gara-gara gol larut Twente

Ajax harus puas dengan satu poin gara-gara gol larut Twente

Bek Twente Giovanni Troupee (kanan) berebut bola dengan penyerang sayap Ajax Dusan Tadic dalam lanjutan Liga Belanda di Stadion De Grolsch Veste, Enschede, Belanda, Minggu (22/8/2021). (ANTARA/AFP/ANP/Vincent Jannink)

Jakarta (ANTARA) - Ajax harus puas dengan raihan satu poin saja dari laga pekan kedua Liga Belanda mereka gara-gara gol Twente pada menit akhir memaksakan hasil imbang 1-1 di Stadion De Grolsch Veste, Enschede, Minggu.

Sebastien Haller membawa tim tamu memimpin sejak awal babak kedua, tetapi gol Robin Proepper untuk Twente tiga menit jelang bubaran normal membuyarkan kemenangan yang sudah di depan mata Ajax.

Hasil tersebut membuat Ajax harus puas menempati posisi ketiga klasemen dengan raihan empat poin, sedangkan Twente (1) menempati urutan ke-11, demikian catatan laman resmi Liga Belanda.

Baca juga: Ajax buka musim dengan pesta lima gol tanpa balas kontra tim promosi

Tuan rumah bermain lebih agresif di awal-awal laga namun sundulan Manfred Ugalde masih melenceng dan tembakan kaki kanan Queensy Menig bisa diamankan kiper Maarten Stekelenburg.

Ajax baru bisa balas mengancam pada menit ke-35, sayang tembakan sudut sempit Haller masih melayang tipis di atas mistar gawang.

Peluang lain yang diciptakan Ajax lewat sundulan Edson Alvarez menyambut umpan silang Dusan Tadic masih mengarah tepat ke pelukan kiper Lars Unnerstall, membuat babak pertama berlalu tanpa gol.

Tujuh menit memasuki babak kedua kebuntuan akhirnya terpecahkan saat Haller menceploskan bola ke gawang tuan rumah. Berawal dari umpan tarik Davy Klaassen yang membentur barisan pertahanan Twente, bola membentur tiang gawang di mana Haller mengejarnya untuk melepaskan sontekan mudah.

Twente kemudian tampil lebih agresif dalam melancarkan serangan mereka sayang tembakan Menig dari jarak jauh sekali lagi bisa diamankan oleh Stekelenburg pada menit ke-73.

Raihan tiga poin yang sudah di depan mata Ajax buyar tiga menit menjelang bubaran waktu normal ketika Proepper melepaskan tembakan mendatar jarak jauh yang gagal diantisipasi Stekelenburg membuat kedudukan imbang 1-1.

Kedua tim sama-sama punya peluang untuk memenangkan pertandingan dalam injury time, tetapi tembakan Menig melenceng sebaliknya sepakan Danilo menyambut umpan silang Noussair Mazraoui bisa dimentahkan oleh Unnerstall, memaksa laga berakhir dengan skor imbang 1-1.

Pada pertandingan selanjutnya Ajax akan menjamu Vitesse Arnhem di Johan Cruijff Arena pada Minggu (29/8) pekan depan, sehari setelah Twente menyambangi markas tim promosi Cambuur Leeuwarden.

Baca juga: PSV hantam tim promosi Cambuur 4-1
Baca juga: Feyenoord tutup pekan pembuka Liga Belanda gulung Willem 4-0

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar