Guangzhou (ANTARA News) - Kontingen Indonesia mulai seret dalam perolehan medali pada Asian Games XVI/2010 setelah sejumlah cabang unggulan menyelesaikan pertandingannya, Minggu.

Berbeda dengan hari-hari sebelumnya di mana Kontingen Indonesia selalu mendulang medali baik emas, perak maupun perunggu, sepanjang hari (Minggu) tidak satupun emas diraih oleh Kontingen "Merah Putih".

Indonesia hingga pukul 23.45 waktu setempat berada di peringkat ke-12 dengan empat emas, 6 perak dan 10 perunggu. Indonesia masih di bawah Thailand dan Malaysia yang masing-masing menempati peringkat keenam dan kesepuluh.

Sementara itu tuan rumah China sulit dikejar dan semakin mengukuhkan kansnya menjadi Juara Umum Asian Games 2010. China saat ini mengemas 146 medali emas, 71 perak dan 70 perunggu. Disusul Korea Selatan dengan 55 emas, 46 perak dan 61 perunggu kemudian Jepang di peringkat ketiga dengan 30 emas, 54 perak dan 61 perunggu.

Sedangkan Iran menjadi wakil Asia Barat di posisi teratas dengan 10 medali emas, delapan perak dan 61 perunggu.

Harapan untuk mengemas medali Indonesia pada nomor lari 10.000 melalui pelari Triyaningsih juga gagal. Pelari asal Klub Dragon Salatiga yang juga pemegang emas SEA Games 2009 itu hanya finish di urutan ke-19 pada lomba yang berlangsung di Aoti Gymnasium Guangzhou itu.

Hal sama juga pada nomor final 5.000 meter putra, Agus Prayogo juga gagal menembus tiga besar dan harus puas finish di peringkat kesembilan.

Meski mulai memasuki masa-masa seret medali, Indonesia masih memiliki beberapa peluang medali antara lain pada cabang boling, atletik dan karate yang akan memulai pertandingannya pada Selasa (23/11) lusa.

Sedangkan Senin (22/11) besok, manusia tercepat Asia Tenggara, Suryo Agung Wibowo akan berlaga di nomor spesialisasinya 100 meter. Meski pada babak kualifikasi hanya menempati peringkat keenam, Agung optimis bisa meningkatkan performanya.

"Mohon doa restu saja, dari sisi kondisi saya cukup fit, mudah-mudahan saja bisa melakukan yang terbaik besok," kata Suryo.

Sedangkan harapan medali emas dari voli pantai pupus setelah pasangan Andy Ardiansyah/Koko Prasetyo kalah di perempat final voli pantai.

Andy/Koko dikalahkan pasangan Jepang Kentaro Asahi/Katsuhiro Siratori 19-21, 12-21.

Sementara itu dari cabang karate, Indonesia menaruh harapan besar kepada atlet senior Umar Syarif dan Jintar S untuk mendulang emas di nomor kumite.(*)

(U.S033/T010/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010