Pemerintah kota pasti akan menindaklanjuti rekomendasi dari Pos Gunung Api dan BPBD dengan melakukan pengetatan di pintu-pintu masuk menuju ke Gunung Lokon
Tomohon (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menutup aktivitas pendakian menuju ke Gunung Lokon yang saat ini masih berstatus waspada (level II).

"Pemerintah kota pasti akan menindaklanjuti rekomendasi dari Pos Gunung Api dan BPBD dengan melakukan pengetatan di pintu-pintu masuk menuju ke Gunung Lokon," kata  Sekretaris Daerah Kota Tomohon, Edwin Roring di Tomohon, Minggu (22/8).

Pada Minggu siang, terpantau ada dua titik spanduk ukuran satu kali tiga meter, yaitu di simpang tiga menuju areal tambang galian C, tidak jauh Gereja Katolik Kakaskasen, mengenai informasi penutupan pendakian tersebut.

Sementara, satu spanduk lainnya ditempatkan di simpang empat lingkar barat yang hanya beberapa kilometer dari lokasi galian C.

Spanduk yang dipasang tersebut berisi rekomendasi Pos Pemantau Gunung Api Lokon dan Mahawu bahwa di radius 1,5 kilometer dari kawah Tompaluan-Gunung Lokon tidak boleh ada aktivitas pendakian.

Tidak terlihat adanya aktivitas warga yang hendak melakukan pendakian ataupun sedang menunggu kendaraan di ruas jalan arteri usai melakukan pendakian sehari sebelum spanduk tersebut dipasang.

Selain itu, jajaran pemerintah kota akan menempatkan petugas Satuan Polisi Pamong Praja ataupun personel BPBD di pintu-pintu masuk menuju gunung yang terakhir erupsi tahun 2015 lalu itu.

"Paling penting kami mengimbau warga untuk patuh terhadap rekomendasi Pos Gunung Api agar jangan dulu beraktivitas di radius 1,5 kilometer dari kawah Tompaluan Gunung Lokon. Semua ini untuk mencegah agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan," kata Edwin Roring  yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Sekda Kepulauan Sangihe itu.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian ESDM mengingatkan masyarakat dan wisatawan tidak mendekati kawah karena terjadi peningkatan gempa-gempa dangkal yang dapat memicu letusan dengan daerah terdampak di sekitar kawah. 

Baca juga: PVMBG rekomendasikan jangan ada aktivitas di Kawah Gunung Lokon

Baca juga: Aktivitas Gunung Lokon-Mahawu ancaman potensial bencana di Tomohon

Baca juga: Pos gunung api minta warga jauhi kawah Lokon

Baca juga: Gunung Lokon tunjukkan peningkatan aktivitas vulkanik


 

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2021