Jakarta (ANTARA) - Qatar University, salah satu universitas terbaik di Qatar dan Timur Tengah, menyampaikan ketertarikan untuk membuka cabang di Indonesia.

"Sepanjang regulasi di Indonesia memungkinkan untuk itu, kami siap melakukannya," kata Presiden Qatar University Hassan Rashid Al Derham saat bertemu dengan Duta Besar RI untuk Qatar Ridwan Hassan pada Minggu (22/8), demikian menurut keterangan KBRI Doha yang diterima di Jakarta, Senin.

Dalam pertemuan tersebut Ridwan menyampaikan apresiasi kepada pihak Qatar University (QU) yang telah memfasilitasi para mahasiswa Indonesia untuk menempuh pendidikan di universitas tersebut.

Saat ini terdapat sedikitnya 25 mahasiswa Indonesia dari berbagai jenjang yang sedang menempuh studi di QU.

Ridwan mengharapkan ke depan akan lebih banyak lagi mahasiswa Indonesia yang belajar di Qatar, dan sebaliknya, lebih banyak lagi pelajar dan pengajar dari Qatar yang belajar dan mengajar di Indonesia.

"Indonesia memiliki banyak universitas bereputasi tinggi dan masing-masing memiliki strength point (titik kekuatan). Seperti ITB (Institut Teknologi Bandung) dan Universitas IPB (Institut Pertanian Bogor) yang masing-masing memiliki keunggulan di bidang teknologi dan pertanian," ujarnya.

Presiden Qatar University Hassan Rashid Al Derham menyatakan ketertarikan untuk bekerjasama dengan universitas-universitas yang ada di Indonesia.

Menurut Hassan, Indonesia adalah negara dengan potensi luar biasa. "Dengan pertumbuhan kelas menengah yang sangat tinggi, Indonesia adalah negara yang menjanjikan," kata Hassan.

Atas permintaan Dubes RI, Hassan juga menyampaikan kesiapan untuk memfasilitasi aktifitas mahasiswa-mahasiswi Indonesia di QU, termasuk dalam membentuk asosiasi atau student club untuk memperkenalkan bahasa dan budaya Indonesia.

Menurut data dari Kementerian Pendidikan Tinggi Qatar, terdapat sekitar 2.059 pelajar/mahasiswa Indonesia yang saat ini sedang belajar di Qatar.

Para pelajar Indonesia di Qatar tersebar di berbagai jenjang pendidikan dari sekolah dasar sampai sekolah pendidikan tinggi. Sebagian besar dari mereka adalah anak-anak diaspora Indonesia yang lahir dan besar di Qatar.

Baca juga: Relawan Pelajar Qatar Perbaiki SMPN 1 Bayat
Baca juga: Dubes RI bahas peningkatan kerja sama pendidikan dengan menteri Qatar
Baca juga: Anak diaspora di Qatar belajar Bahasa Indonesia

Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2021