Mendagri: Rapatkan solidaritas untuk kendalikan pandemi COVID-19

Mendagri: Rapatkan solidaritas untuk kendalikan pandemi COVID-19

Tangkapan layar gambar Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian membuka acara Ormas Expo Tahun 2021 secara virtual dari Jakarta, Senin (23/8/2021). ANTARA/HO-Puspen Kemendagri

Pandemi COVID-19 merupakan krisis multidimensi dan terluas dalam sejarah sejak Indonesia merdeka.
Jakarta (ANTARA) - Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengajak seluruh organisasi kemasyarakatan (ormas) untuk bersama-sama mengendalikan pandemi COVID-19 dan dampaknya di berbagai sektor, mulai kesehatan hingga ekonomi.

"Di tengah tantangan global, semua negara termasuk bangsa ini, kita kembali merapatkan, memperkuat kebersamaan, dan solidaritas dalam rangka menekan dan mengendalikan pandemi COVID-19," kata Mendagri dalam pembukaan acara Ormas Expo Tahun 2021 secara virtual, Senin.

Ia mengatakan bahwa pandemi COVID-19 merupakan krisis multidimensi dan terluas dalam sejarah sejak Indonesia merdeka.

Krisis kesehatan tersebut, kata Tito,  juga berdampak domino pada sektor lain yang perlu dihadapi secara bersama.

Sejarah mencatat bangsa Indonesia telah mampu mempertahankan kemerdekaan hingga usianya 76 tahun, dan berhasil melewati berbagai tantangan yang ada.

Baca juga: Mendagri pelototi APBD pemda untuk prioritaskan penurunan "stunting"

"Kita perlu bergandengan tangan membangun kekuatan dan kebersamaan, bangsa kita berdiri karena kebersamaan, kita masih tetap bisa survive dan mencapai 76 tahun karena kebersamaan kita, pemerintah dan nonpemerintah, semua elemen bangsa,"  kata Tito.

Pelaksanaan Ormas Expo Tahun 2021 secara virtual dengan mengusung tema "Peran Organisasi Kemasyarakatan dalam Pemulihan Ekonomi Nasional dan Penanganan Pandemi COVID-19".

Acara tersebut, kata Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kemendagri Bahtiar, pertama kali diselenggarakan sebagai tempat berkumpul ormas-ormas untuk menciptakan inovasi dalam tata kelola organisasi.

Bahtiar memandang perlu ormas melakukan inovasi, misalnya dalam tata kelola organisasi dengan memanfaatkan teknologi informasi. Terlebih di tengah pandemi, yang mengharuskan sikap adaptif untuk dapat terus bertahan.

"Mudah-mudahan hal kecil yang kami lakukan ini bisa menginspirasi kawan-kawan semua untuk menjadikan ormas sebagai mitra strategis, membangun masyarakat di mana pun berada," ujar Bahtiar dalam Press Conference Ormas Expo secara hybrid di Gedung Kemendagri, Jakarta, Senin.

Sebanyak 22 ormas berpartisipasi dalam Ormas Expo Tahun 2021 yang diselenggarakan pada tanggal 23—39 Agustus 2021 dan dapat diikuti secara daring di laman ormas-expo.id.

Baca juga: Ormas Islam berharap pemerintah aktif bangun dialog dalam hadapi COVID

Pewarta: Fransiska Ninditya
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Mahfud ingatkan pulau terluar jangan lepas dari Indonesia

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar