Jakarta (ANTARA) - Penyedia layanan transportasi daring Gojek memberikan sejumlah bantuan hingga program vaksinasi COVID-19 bagi mitra pengemudi (driver) sebagai bagian dari perayaan HUT Ke-76 Kemerdekaan RI belum lama ini.

"Hari Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia, menjadi momentum bagi kami untuk terus mendukung mitra driver, khususnya dalam memastikan mitra driver mendapat perlindungan tambahan lewat vaksin," kata Head of Indonesia Region Gojek, Gede Manggala, dalam jumpa pers daring, Senin.

"Pendekatan persuasif kami jalankan seiring dengan langkah nyata menyediakan fasilitas vaksin maupun informasi agar semakin banyak mitra driver yang secara proaktif tergerak untuk mendatangi pusat layanan vaksinasi terdekat di wilayahnya," imbuhnya.

Baca juga: Bantuan Gojek bagi mitra jadi contoh baik untuk aplikator lainnya

Selama 6 bulan program percepatan vaksinasi Gojek berjalan, apresiasi datang dari berbagai pihak. Berdasarkan survei persepsi mitra driver terhadap program vaksinasi menunjukkan bahwa 94 persen mitra driver puas terhadap layanan di Pos Pelayanan Vaksinasi Gojek-Halodoc maupun vaksinasi di kantor operasional Gojek.

Fasilitas ini dinilai mitra driver pendaftarannya mudah (96 persen), berlangsung lancar dan tertib (96 persen), berlangsung cepat (94 persen) mengingat prosesnya difasilitasi secara teratur lewat aplikasi. Sebanyak 95 persen mitra juga menilai petugas serta tenaga kesehatan yang ada, sangat membantu proses pelaksanaannya.

Lewat adanya inisiatif vaksinasi ini, 96 persen mitra juga merasa Gojek peduli terhadap kesehatan mereka berkat adanya posko vaksin khusus mitra driver. Mitra driver mengaku merasa lebih aman (88 persen) dan percaya diri (90 persen), khususnya dari aspek keamanan dan kesehatan untuk kembali bekerja melayani kebutuhan masyarakat.

Ada pula Program Kesejahteraan Mitra Driver dengan total bantuan senilai lebih dari Rp125 Miliar Rupiah juga telah dijalankan sejak tahun 2020 hingga saat ini.

Di dalamnya mencakup bantuan keringanan beban biaya harian, misalnya lewat penyediaan sembako, serta makanan murah dan sehat bagi mitra dan keluarga; bantuan peralatan kesehatan; serta bantuan pendapatan salah satunya memberikan dana tunai bagi mitra yang menjalani isolasi mandiri karena terpapar COVID-19 maupun pengembangan fitur-fitur baru yang dapat meningkatkan pendapatan mitra driver.

Baca juga: Hari UMKM, Gojek latih ribuan pelaku UMKM

Baca juga: Gojek dukung Kemenkop UKM realisasikan 30 juta UMKM terdigitalisasi

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2021