Bandung (ANTARA) - Sebanyak 6.000 penyandang disabilitas di Provinsi Jawa Barat sudah menjalani vaksinasi COVID-19 menurut data Dinas Sosial pada 22 Agustus 2021.

Kepala Dinas Sosial Jawa Barat Dodo Suhendar di Bandung, Senin, mengatakan bahwa para penyandang disabilitas bisa mendapatkan pelayanan vaksinasi COVID-19 di sentra vaksinasi maupun fasilitas kesehatan masyarakat.

"Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bagi penyandang disabilitas dilakukan dengan memperhatikan jenis kedisabilitasan," katanya, menambahkan, penyandang disabilitas bisa menjalani vaksinasi dengan bantuan pendamping.

Menurut Dodo, penyandang disabilitas yang sudah masuk dalam daftar sasaran vaksinasi COVID-19 di Provinsi Jawa Barat sebanyak 121.648 orang.

Penyandang disabilitas yang belum terdaftar sebagai sasaran vaksinasi COVID-19 bisa menghubungi Dinas Sosial kabupaten/kota atau puskesmas terdekat dengan tempat tinggal untuk melakukan pendaftaran.

Dodo mengatakan bahwa penyandang disabilitas termasuk kelompok yang rentan tertular COVID-19, karenanya pemerintah provinsi menggencarkan pelayanan vaksinasi bagi mereka bekerja sama dengan Satuan Tugas Penanganan COVID-19 serta pemerintah kabupaten dan kota.

"Dinas Kesehatan kabupaten/kota di Jabar juga menambah tempat penyuntikan vaksin COVID-19 bagi penyandang disabilitas, baik di SLB-SLB maupun puskesmas," katanya.

Selain menyelenggarakan pelayanan vaksinasi untuk meningkatkan ketahanan penyandang disabilitas terhadap COVID-19, pemerintah provinsi mengampanyekan penerapan protokol kesehatan pada difabel.

"Agar penyandang disabilitas dapat bekerja dengan tetap menerapkan protokol kesehatan," kata Dodo.

Baca juga:
Kediri sediakan layanan jemput-antar bagi penyandang disabilitas peserta vaksinasi
Pemerintah permudah administrasi layanan vaksinasi COVID-19 bagi penyandang disabilitas


Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2021