CityVille, Game Baru Zynga untuk Facebook

CityVille, Game Baru Zynga untuk Facebook

FarmVille

London (ANTARA News) - Setelah meraih sukses dengan "game" populer FarmVille, Zynga meluncurkan "game" Facebook terbarunya yang disebut CityVille.

Lewat permainan itu pemain bisa menciptakan kota impian mereka dan menjadi walikota di kota ciptaan mereka.

Versi beta dari "game" itu akan diluncurkan secara global beberapa minggu mendatang. CityVille akan tersedia dalam lima bahasa: Inggris, Jerman, Italia, Spanyol dan Perancis.

"Game" ini hanya akan tersedia di Facebook dan untuk memainkannya tidak dipungut biaya. Namun, para pengguna bisa membeli kredit Facebook untuk membeli fitur tambahan.

Sean Kelly, direktur studio Zynga, mengatakan bahwa CityVille adalah "game" Zynga paling sosial untuk saat ini.

"Ini 'game' ketiga yang kami luncurkan tahun ini. Tujuannya adalah untuk membangun seluruh kota dan kemudian menjalankannya melalui komunikasi dengan teman-teman anda, juga bermain 'game.' Ini berbeda dengan Sims karena anda tak hanya mengurus karakter anda, anda mengurus seluruh kota yang anda bangun, dan semua orang dan urusan di dalamnya," kata Kelly kepada Telegraph.

Menurut Zynga, keberhasilan pemain di CityVille ditentukan kemampuan pemain dalam meyeimbangkan kebutuhan orang-orang dengan urusan menjalankan restoran dan urusan lain, bahkan memanen tanaman. Bila pemain berhasil, mereka bahkan bisa menjual lisensi bisnis mereka kepada "kota-kota" teman lain.

Zynga sudah menggunakan tampilan 3D dan gedung-gedung yang ada bisa diputar. CityVille merupakan "game" pertama Zynga yang memperbolehkan orang mengganti hal-hal pada papan permainan masing-masing, setelah ijin dari pemain diberikan.

FarmVille, "game" terpopuler Zynga, memiliki pemain aktif sebanyak 60 juta. "Game" itu juga sudah diunduh oleh tiga puluh tiga juta orang di seluruh dunia.

Zynga juga membuat "game-game" lain untuk Facebook seperti Mafia Wars, FrontierVille dan CafeWorld. Beberapa "game" itu juga bisa dimainkan di MySpace, tetapi konsentrasi utama Zynga adalah komunitas Facebook.

(ENY/S026)

Penerjemah:
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2010

Pembangunan arena balap sepeda trek Asian Games ke-19 di China hampir rampung

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar