"Oxygen for Indonesia" rampungkan dana Rp10 miliar lewat NFT

"Oxygen for Indonesia" rampungkan dana Rp10 miliar lewat NFT

Tokocrypto berkolaborasi dengan seniman William Tan, chef Arnold Poernomo serta mantan CEO Gopay Aldi Haryopratomo menggelar galang dana "Oxygen for Indonesia". (ANTARA/HO)

Jakarta (ANTARA) - Tokocrypto berkolaborasi dengan beberapa tokoh, termasuk seniman William Tan, chef Arnold Poernomo serta mantan CEO Gopay Aldi Haryopratomo menggelar galang dana "Oxygen for Indonesia" yang mengumpulkan 222 ETH (Ethereum), setara 700.000 dolar AS (sekira Rp10 miliar), dalam waktu kurang dari 4 jam.

Pang Xue Kai, CEO Tokocrypto mengklaim bahwa acara ini merupakan lelang karya pertama yang menggunakan NFT (non fungible token). NFT merupakan salah satu teknologi kripto yang memiliki sertifikat digital untuk menyatakan suatu pihak sebagai pemilik karya, misalnya berupa foto, video, atau bentuk karya lainnya.

"Ini adalah momen bersejarah, di mana pertama kalinya di Indonesia diadakan lelang amal dalam bentuk karya seni NFT. Kegiatan lelang amal ini merupakan dari rangkaian dari program TokoCare, sebuah Inisiatif Tokocrypto untuk berkolaborasi dan beraksi dalam berbagai program," kata Pang Xue Kai dalam siaran pers, Senin.

Baca juga: Chef Arnold lelang pisau kesayangan di program TokoCare Tokocrypto

Dana yang terkumpul melalui lelang amal di Twitter Space akan disumbangkan melalui program Oxygen For Indonesia, koalisi yang diciptakan oleh ekosistem startup di Indonesia guna membantu memerangi pandemi dengan memberikan tambahan pasokan oksigen dalam negeri.

Gerakan Koalisi Oxygen For Indonesia ini memiliki target untuk menyediakan 10.000 oxygen concentrator yang akan didistribusikan ke kurang lebih 1.500 rumah sakit untuk bisa membantu 30 ribu pasien COVID-19 di Indonesia dalam jangka pendek, dan 7 juta pasien dalam jangka panjang.

Selain melalui penggalangan dana dari korporasi dan publik, anggota koalisi Oxygen for Indonesia juga membentuk tim untuk seluruh proses dari hulu ke hilir. Misalnya tim yang fokus ke procurement dan impor, ada tim yang fokus ke pengiriman unit ke rumah sakit, ada tim yang fokus ke proses verifikasi dan hotline bagi pengguna alat yang didonasikan.

"Kami berterima kasih atas antusiasme masyarakat terhadap NFT. Hal ini membawa keberhasilan melalui pengumpulan dana dengan jumlah yang sangat signifikan dan bahkan dapat digunakan untuk membeli 7 pabrik oksigen guna meningkatkan pasokan oksigen di Indonesia”, kata Aldi Haryopratomo.

Baca juga: Tokocrypto dan Pluang hadirkan 29 koin kripto baru

Baca juga: Tokocrypto kenalkan aset kripto lewat "1 TKO for 1 Indonesia"

Baca juga: Berkenalan dengan NFT masa depan potensial untuk industri kreatif

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar