Aceh mulai suntikkan vaksin COVID-19 merek Moderna ke masyarakat

Aceh mulai suntikkan vaksin COVID-19 merek Moderna ke masyarakat

Arsip Foto - Dokter Rumah Sakit Umum Zainal Abidin (RSUZA) mendapatkan suntikan vaksin Moderna di Banda Aceh, Aceh, Senin (9/8/2021). ANTARA FOTO/Irwansyah Putra.

Selain untuk tenaga kesehatan, vaksin Moderna ini juga sudah mulai diberikan kepada masyarakat umum di Aceh
Banda Aceh (ANTARA) - Dinas Kesehatan Aceh melakukan penyuntikan vaksin COVID-19 Moderna dosis ketiga bagi tenaga kesehatan untuk melindungi dari COVID-19, bahkan mulai menyuntikkan vaksin tersebut kepada masyarakat umum.

“Selain untuk tenaga kesehatan, vaksin Moderna ini juga sudah mulai diberikan kepada masyarakat umum di Aceh,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Aceh dr Iman Murahman di Banda Aceh, Senin.

Iman menjelaskan penyuntikan vaksin Moderna itu belum menyeluruh ke seluruh daerah Tanah Rencong itu, baru di beberapa daerah seperti Kota Banda Aceh, Lhokseumawe dan Langsa.

Baca juga: Satgas: 710.617 warga Aceh telah disuntik vaksin COVID-19

Kemudian, kata Iman, masyarakat yang mendapatkan penyuntikan vaksin Moderna itu bukan sebagai penguat. Mereka yang disuntik vaksin Moderna yakni yang belum pernah mendapatkan vaksin merek lain, baik dosis pertama ataupun kedua.

“Jadi ini untuk mereka yang belum pernah vaksin, dosis pertamanya langsung Moderna. Angkanya pun juga belum terlalu banyak, masih sekitar 500 orang,” kata Iman.

Sementara itu, kata Iman, vaksinasi bagi tenaga kesehatan masih terus berlanjut di Aceh. Hingga kini, cakupan vaksinasi ketiga  bagi tenaga kesehatan di Aceh sebanyak 4.344 orang dari total sasaran 56.470 orang.

Baca juga: Partisipasi warga naik, Aceh minta tambahan stok vaksin COVID-19

Baca juga: Ketua DPRK minta vaksinasi booster untuk nakes Banda Aceh dipercepat


Sejauh ini, tambah dia, belum ada gejala berat pascavaksinasi dosis ketiga yang dialami tenaga kesehatan di Aceh. Umumnya tenaga kesehatan hanya merasa pegal di tempat bekas penyuntikan.

“Proses vaksinasi dosis ketiga ini bagi tenaga kesehatan masih terus berjalan,” katanya.

“Untuk gejala yang ditimbulkan hanya terasa pegal di bekas suntikan dan kurang nyaman di badan. Paling kalau betul-betul agak sedikit berat (demam) maka istirahat satu hari saja, kemudian sudah bisa langsung kembali beraktivitas,” katanya.

Baca juga: Vaksinasi dosis ketiga nakes Banda Aceh ditargetkan selesai Agustus

Baca juga: Kabupaten Nagan Raya Aceh terima 1.820 dosis vaksin COVID-19 Moderna

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Polda Aceh kembali gagalkan penyelundupan narkoba jalur perairan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar