New York (ANTARA News) - FBI menggerebek tiga kantor perusahaan "hedge funds" pada Senin, sebagai bagian dari penyelidikan "insider-trading" dalam jumlah besar yang melibatkan puluhan perusahaan keuangan "high-profile".

"FBI melakukan penggeledahan dalam investigasi yang sedang berlangsung," kata juru bicara Biro Investigasi Federal Richard Kolko.

Biro itu menggerebek dua kantor perusahaan di Connecticut -- Level Global Investors dan Diamondback Capital Management -- keduanya dijalankan oleh mantan manajer SAC Capital Advisors, yang dicurigai membocorkan informasi non-publik kepada perusahaan-perusahaan.

Loch Capital Management LLC yang berbasis di Boston, Massachusetts juga digerebek sebagai bagian dari penyelidikan, kata seorang pejabat AS yang minta tidak disebutkan namanya.

Penyelidikan diperkirakan akan difokuskan pada jaringan besar puluhan konsultan dan pedagang di industri keuangan yang dapat mengungkapkan meresapnya budaya "backroom dealing" (transaksi kamar belakang).

Menurut laporan itu, jaksa memeriksa kemungkinan bankir Goldman Sachs membocorkan informasi tentang transaksi, termasuk merger perawatan kesehatan, dalam upaya untuk memberikan keuntungan bagi investor.

"Inside traders" adalah mengambil keuntungan setelah memberi informasi tentang kesepakatan atau transaksi menjelang waktunya -- misalnya, memberikan mereka kesempatan untuk membeli saham sebelum akuisisi, dan kemudian mereka menjualnya setelah nilai sahamnya naik.
(A026/A038)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010