IDWiBB dan Aptilo membangun fasilitas WiMAX & WiFi Roaming utk Indonesia

IDWiBB dan Aptilo membangun fasilitas WiMAX & WiFi Roaming utk Indonesia

WiMax Network -Ilustrasi (ANTARANews/Ardika)

AsiaNet 42304

JAKARTA INDONESIA - November 23, 2010 (ANTARA/PRNewswire-AsiaNet) -- Untuk mendorong pertumbuhan WiMAX(TM) di Indonesia, ID-WiBB sebagai organisasi nirlaba yang dibentuk untuk dan mempromosikan visi nasional melalui penyelarasan 'ecco-system' produk broadband nirkabel di Indonesia, hari ini mengumumkan peluncuran sistim Roaming Broadband untuk melayani penyedia layanan broadband nirkabel di seluruh wilayah Indonesia.

Sistim Roaming ini juga bisa memungkinkan roaming antara operator WiMAX dan Wi-Fi dan dimungkinkan untuk digunakan para operator LTE dalam menjalin jaringan nirkabel bersama 4G untuk seantero wilayah.

"Tujuan kami dalam mendorong adopsi dan perkembangan layanan broadband nirkabel bersama pertumbuhan ekosistem broadband dengan membentuk sistim klarifikasi secara otomatis yang memungkinkan siapa saja untuk menggunakan sistim Wireless Broadband - terlepas dari mana operator mereka - untuk mendapatkan manfaat layanan Roaming broadband nirkabel di mana saja & kapan saja, "kata Kanaka Hidayat, ID-WiBB. "Pengumuman hari ini membawa kita satu langkah lebih dekat untuk menyatukan pengguna broadband nirkabel Indonesia di bawah satu payung.

Sampai saat ini, beberapa operator pemegang lisensi Broadband nirkabel di Indonesia sudah bergabung untuk menjadi roaming partners.

Untuk proses roaming, ID-WiBB menggunakan teknologi dari Aptilo Networks, sebagai global leader dalam solusi terintegrasi untuk pengontrolan billing, layanan pengguna serta akses untuk jaringan nirkabel termasuk WiMAX dan Wi-Fi. Di mana menggunakan Aptilo WiMAX AAA + Server (TM), yang akan berfungsi sebagai proxy AAA untuk proses autentikasi, autorisasi dan akunting bagi pengguna roaming antara penyedia layanan WiMAX yang berbeda. Solusi Aptilo akan mencatat penggunaan roaming pelanggan (baik berupa waktu dan atau data) di setiap jaringan yang dilewati serta menyediakan statistik yang dibutuhkan agar memungkinkan ID-WiBB berfungsi sebagai pihak netral dalam penyelesaian penghitungan penggunaan Aptilo sangat menaruh perhatian khusus dalam memenuhi standard WiMAX, dan selain itu kami berkomitmen tinggi dalam pengujian interoperabilitas antara produsen broadband nirkabel," kata Jan Sjonell, Managing Director Asia / Timur Tengah, Aptilo Networks. "Kami bangga telah dipilih untuk proyek penting ini. Kami berharap agar dapat bekerjasama dengan ID-WiBB dalam mendorong pertumbuhan ekosistem Broadband di Indonesia.

ID-WIBB
ID-WiBB sebagai organisasi nirlaba yang didukung oleh industri dan dibentuk untuk mempromosikan kompatibilitas serta interoperabilitias produk broadband berbasis pada standar internasional di Indonesia. ID-WiBB mempromosikan produk-produk yang saling interoperable dan mendukung layanan broadband tetap, portabel maupun bergerak. Selain itu, ID-WiBB bekerja sama dengan operator dan regulator untuk memastikan bahwa sistem Broadband Wireless memenuhi kebutuhan pelanggan serta pemerintah di Indonesia.

Anggota ID-WiBB terdiri dari individu, operator, dan penyedia peralatan dalam ekosistem komunikasi Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi http://www.id-wibb.org

Aptilo Networks
Aptilo Networks adalah perusahaan terkemuka di dalam dunia solusi manajemen pre-intergrasi untuk mengelola billing, layanan pengguna dan akses untuk jaringan Wi-Fi, WiMAX dan LTE. Aptilo telah menjadi pilihan utama para operator, perusahaan dan pemerintahan yang memerlukan manajemen dari layanan jaringan nirkabel yang dapat dikembangkan dengan cepat dengan sisitim kontrol yang tepat. Solusi dari Aptilo Network telah di kembangkan dalam sistim yang kecil maupun yang besar di 45 negara. Untuk informasi selanjutnya, mohon hubungi www.aptilo.com


For further information please contact:

Yohannes Sumaryo, General Secretary
IDWiBB
P: +622150198111
sumaryo@id-wibb.org

Pewarta: NON
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2010

Menkominfo pasang Wi-fi di setiap Armada Kapal AL

Komentar