Guangzhou (ANTARA News) - Pelari gawang 100 meter putri Indonesia, Dedeh Herawati, menempati peringkat kedelapan dalam daftar catatan waktu tercepatnya sehingga masih berpeluang melaju ke final atletik Asian Games XVI/2010 di Stadiun Utama Aoti Guangzhou, Rabu (24/11).

"Dedeh akan bertanding Rabu besok, catatan waktunya saat ini di peringkat ke delapan, peluang masih ada," kata Manajer Tim Atletik Indonesia, Budi Darmasidi di Guangzhou, Selasa.

Menurut Budi, pada babak penyisihan di heat kedua, Dede Herawati akan bertanding dengan empat pelari Asia lainnya yakni Asuka Terada (Jepang), Fatmata Fofanah (Bahrain), Jung Hyelim (Korea Selatan), Anastasya Soprunova (Khazakstan).

Sementara itu catatan waktu terbaik Asuka Terada yakni 13.05 detik dengan catatn waktu terakhirnya 13.10 detik. Sedangkan catatan waktu terbaik pelari Indonesia 13,23 dengan catatan waktu terakhir 13,38.

"Peluang masih ada bagi Dedeh, nomor lari faktor keberuntungan juga berperan, diharapkan ia bisa melakukan start dengan baik untuk bisa melewati gawang pertama dengan baik," kata Budi.

Menurut Budi, kesalahan melakukan start akan berakibat tidak bisa `mengangkat` untuk melintasi gawang pada kesempatan pertama. Namun dengan lintasa yang sempurna, ia optimis atletnya bisa melakukan dengan baik.

"Seperti estafet 4x100 meter, faktor keberuntungan berperan, salah satunya dalam perpindahan tongkat, bila kurang mulus maka mengurangi kecepatan sepersekian detik yang berharga," kata Budi.

Sementara itu kondisi Dedeh sangat siap untuk bertanding. Dedeh merupakan salah satu harapan Indonesia untuk mampu menghadirkan medali dari atletik.

(S033/Y003/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010