Surabaya (ANTARA News) - Kapal Republik Indonesia Dewaruci akhirnya tiba kembali di Surabaya, Selasa, setelah pelayaran keliling benua Eropa selama sembilan bulan sejak Maret 2010.

Kapal latih TNI AL itu disambut Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana TNI Bambang Suwarto, Wakil Gubernur Akademi Angkatan Laut (AAL) Brigjen TNI (Mar) Gatot Subroto, petinggi Koarmatim, dan keluarga awak kapal.

Istri Pangarmatim Ny Bambang Suwarto memberikan kalungan bunga selamat datang kepada Komandan KRI Dewaruci Letkol Laut (P) Suharto dan selanjutnya Pangarmatim mengiinspeksi atas kapal tersebut.

Suasana haru tampak menyelimuti keluarga awak KRI Dewaruci saat kapal itu merapat di Dermaga Koarmatim, Ujung, Surabaya sekitar pukul 14.00 WIB.

"Pelayaran ini menjadi pengalaman yang sangat berharga bagi prajurit TNI AL, terutama Kadet AAL," kata Pangarmatim.

KRI Dewaruci berangkat dari Surabaya menuju benua Eropa untuk latihan pelayaran dan praktik operasi Kartika Jala Krida (KJK) pada 12 Maret 2010.

Dalam pelayaran menempuh jarak 24.676 mil laut (45.650 km) selama 258 hari itu, KRI Dewaruci yang membawa 66 awak kapal dan 88 Kadet AAL, menyinggahi 25 negara, antara lain Spanyol, Prancis, Belgia, Denmark, Norwegia, Inggris, Belanda, Jerman, dan Italia.

Kapal latih jenis Barquentin buatan H.C Stulchen & Sohn Hamburg, Jerman tahun 1952 itu, juga mengikuti sejumlah kejuaraan internasional dan meraih sedikitnya 13 penghargaan, diantaranya The Best Ship in Crew Parade di Volos dan Lavrion Yunani, The Historical Seas Tall Ship Regatta 2010, dan The Most Spectacular Ship Arrival di Belgia.

"Mudah-mudahan dengan pengalaman yang didapat selama pelayaran, para Kadet AAL bisa menjadi prajurit TNI AL yang sejati," kata Wakil Gubernur AAL Brigjen TNI (Mar) Gatot Subroto yang hadir mewakili Gubernur AAL. (*)

D010/B015/AR09

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010