Segera dikirim ke Kutai Barat
Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau pelaksanaan vaksinasi COVID-19 sebanyak 24 ribu dosis bagi warga masyarakat di Provinsi Kalimantan Timur, Selasa.

“Ini ada sembilan kabupaten dan kota yang juga melakukan vaksinasi secara bersamaan, totalnya di Provinsi Kalimantan Timur akan disuntikkan sebanyak 24 ribu vaksin,” kata Presiden Jokowi di Kota Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim), seperti ditayangkan Youtube Sekretariat Presiden, Selasa.

Turut mendampingi Presiden dalam peninjauan itu Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, dan para pejabat terkait lainnya.

Presiden mengharapkan vaksinasi COVID-19 secara serentak di Kaltim pada Selasa ini berjalan lancar sehingga dapat mempercepat terciptanya kekebalan komunitas (herd immunity). Dengan begitu, tingkat penularan COVID-19 di Kaltim dapat segera dikurangi dan selanjutnya dihilangkan.

Dalam peninjauan kali itu, Presiden yang berada di Samarinda juga berdialog dengan para perwakilan daerah, baik itu dari masyarakat, pejabat daerah kota dan kabupaten di Kalimantan Timur.

Dalam dialog itu, Presiden menanyakan beberapa hal, di antaranya mengenai stok vaksin di masing-masing daerah, seperti di Kabupaten Kutai Barat. Pada kesempatan tersebut, Presiden memastikan pemerintah pusat akan mengirim pasokan vaksin jika stok di daerah telah habis.

Baca juga: Presiden akan tinjau vaksinasi hingga resmikan Jalan Tol di Kaltim

Baca juga: Presiden Joko Widodo "kulo nuwun" ke tokoh adat Kaltim


“Saya nanti kirim ke dinkes, ke Pak Gubernur, segera dikirim ke Kutai Barat,” ujarnya.

“Kami harapkan ada kecepatan dalam program vaksinasi ini sehingga penyebaran COVID-19 jadi berkurang. Kita hilangkan dari Provinsi Kalimantan Timur dan tentu dari seluruh Tanah Air Indonesia,” jelas Presiden Jokowi.

Seusai meninjau vaksinasi di Samarinda, Presiden dijadwalkan akan menuju Kantor Gubernur Kalimantan Timur untuk memberikan pengarahan kepada Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) tingkat Provinsi Kalimantan Timur.

Kemudian, Presiden akan menuju Kota Balikpapan melalui jalan tol Balikpapan-Samarinda. Setibanya di Gerbang Tol Manggar, Kota Balikpapan, Presiden akan meresmikan jalan tol Balikpapan-Samarinda ruas Balikpapan-Samboja.

Pada Selasa sore, Presiden akan menuju Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC) Dome untuk meninjau pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bagi masyarakat.

Turut mendampingi Presiden dalam kunjungan kerja menuju Provinsi Kalimantan Timur antara lain Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M. Tonny Harjono, Komandan Paspampres Brigjen TNI Tri Budi Utomo, dan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

#ingatpesanibu
#sudahdivaksintetap3M
#vaksinmelindungikitasemua


Baca juga: Presiden minta penyuntikan vaksin capai lebih dari 100 juta dosis

Baca juga: DPR ingatkan pemerintah jangan abaikan permintaan vaksin dari pemda


Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2021