Ratusan ekor hewan peliharaan di Bukit Duri jalani vaksinasi rabies

Ratusan ekor hewan peliharaan di Bukit Duri jalani vaksinasi rabies

Petugas Sudin KPKP Kecamatan Tebet tengah menyuntikkan vaksin rabies terhadap seekor Kucing peliharaan warga di Kantor Kelurahan Bukit Duri, Tebet, Selasa (24/8/2021). (ANTARA/Sihol Hasugian)

Kita umumkan di Instagram Sudin
Jakarta (ANTARA) - Kelurahan Bukit Duri bekerjasama dengan Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Jakarta Selatan melaksanakan vaksinasi rabies terhadap ratusan ekor kucing dan anjing peliharaan warga, Selasa.

Ketua Pelaksana KPKP Kecamatan Tebet Wahyuni Ambarwati mengatakan vaksinasi untuk setiap hewan penular rabies peliharaan warga Kelurahan Bukit Duri tersebut hanya dilaksanakan pada Selasa dan rencananya hal serupa dilakukan di kelurahan lain pekan mendatang.

"Kita umumkan di Instagram Sudin, kita buka seluas-luasanya bagi masyarakat. Jadi berapa yang datang kita layani sesuai dengan persediaan vaksinnya. Kalau target kita sekitar 600-an hewan," kata Wahyuni Ambarwati di lokasi, Selasa.

Wahyuni mengatakan vaksinasi tersebut bertujuan agar hewan peliharaan warga kebal dari penyakit rabies sehingga lingkungan Kelurahan terbebas dari rabies.

Pelaksanaan vaksinasi awalnya difokuskan di Kantor Kelurahan Bukit Duri, namun karena tingginya permintaan warga, pihak KPKP Tebet memutuskan untuk jemput bola dari pintu ke pintu rumah warga.

"Tadi ada petugas kita yang ke rumah warga juga soalnya hewan peliharannya banyak dan tidak dimungkinkan dibawa ke sini," kata dia.

Wahyuni mengatakan hewan yang divaksin yakni, anjing, kucing, kera, dan musang. Berdasarkan data mutakhir, terdapat 14 ekor anjing, 106 ekor kucing, 2 ekor kera yang sudah menjalani vaksinasi.

Wahyuni menambahkan bahwa pihaknya memberikan surat keterangan vaksin terhadap hewan yang sudah mendapat vaksin.

Ia mengatakan bahwa pihaknya juga akan memfasilitasi dan mengkoordinasikan kepada warga yang hewannya belum mendapat vaksin.

Sehingga nantinya petugas dari KPKP mendatangi langsung ke rumah warga tersebut.

"Rencananya hari ini saja, bulan depan juga dijadwalkan. Respon masyarakat bagus, antusias, anak-anak muda banyak yang pada hadir," katanya.

Baca juga: Sunter Agung gencar vaksinasi rabies puluhan ekor anjing dan kucing
Baca juga: Warga Jaksel terdampak COVID-19 ikut vaksinasi hewan gratis
Baca juga: Sudin KPKP Jakarta Barat vaksinasi 4.826 hewan penular rabies

Pewarta: Sihol Mulatua Hasugian
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Hari Rabies Sedunia, hewan peliharaan dapat vaksin gratis

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar