Jakarta (ANTARA) - Saham Eropa melanjutkan pemulihan pada awal perdagangan hari Selasa setelah persetujuan penuh AS terhadap vaksin COVID-19 mendorong Wall Street ke rekor tertinggi, sementara data terbaru menunjukkan pemulihan ekonomi yang lebih kuat dari perkiraan di Jerman.

Indeks STOXX 600 pan-Eropa naik 0,3 persen pada pukul 07.11 GMT setelah aksi jual minggu lalu menjatuhkannya lebih rendah sebesar 3 persen dari rekor tertingginya.

Saham-saham perjalanan dan rekreasi, teknologi dan pertambangan adalah yang meraih kenaikan tertinggi, naik antara 0,9 persen dan 1,2 persen.

Baca juga: Saham Eropa naik setelah pekan yang buruk

Bursa Nasdaq Wall Street mencapai penutupan tertinggi sepanjang masa setelah regulator kesehatan AS memberikan persetujuan penuh untuk vaksin COVID-19 yang dikembangkan oleh Pfizer Inc dan BioNTech SE dalam sebuah langkah yang dapat mempercepat vaksinasi di AS.

Sementara itu data menunjukkan produk domestik bruto Jerman tumbuh 1,6 persen pada kuartal dari April hingga Juni, sedikit naik dari perkiraan sebelumnya 1,5 persen karena dukungan konsumsi swasta dan pengeluaran negara.

Marks and Spencer Group naik 3,1 persen ke puncak STOXX 600 setelah Berenberg dan Credit Suisse menaikkan target harga saham perusahaan itu.

Baca juga: Saham Eropa diperkirakan alami minggu terburuk dalam 6 bulan

Penerjemah: Biqwanto Situmorang
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021