Manokwari (ANTARA) - Pangkalan Fasharkan TNI AL Manokwari melaksanakan serbuan vaksinasi dengan mendatangi langsung jalur kapal motor (longboat) nelayan di perairan teluk Doreri kabupaten Manokwari Papua Barat, Selasa.

Kepala Fasharkan TNI AL Manokwari Kolonel Laut (T) Purwoko Hadijantono melalui Kasat Intel Kapten Laut (K) Tri Nugroho Putro, A.Mk menerangkan bahwa vaksinasi tersebut merupakan "jemput bola" dengan mendatangi langsung nelayan di laut.

"Serbuan vaksinasi kali ini TNI AL Manokwari menyasar nelayan di perairan Teluk Doreri kabupaten Manokwari yang belum sempat mendapatkan vaksinasi karena waktu mereka lebih banyak di laut," kata Kapten Nugroho.

Vaksinasi digelar sebagaimana arahan pimpinan TNI AL guna membantu program pemerintah dalam percepatan penanggulangan COVID-19 di tengah masyarakat Papua Barat.

Baca juga: Jangan terhasut, warga Papua Barat diimbau tak menolak vaksin COVID-19

Baca juga: 1.495 tentara di Manokwari terima vaksin COVID-19 AstraZeneca


"Sesuai arahan pimpinan, kami pun berkomitmen membantu pemerintah daerah percepat pembentukan herd imunity masyarakat khusus nelayan di pesisir kabupaten Manokwari," katanya.

Dengan "jemput bola" tersebut aktivitas nelayan untuk melaut tidak terganggu tetapi kondisi kesehatan mereka terlindungi dari paparan COVID-19.

Tim juru vaksin yang terlibat dalam kegiatan ini dari Rumah Sakit dr.Azhar Zahir TNI AL Manokwari sebanyak tiga orang, sementara jumlah nelayan yang berhasil divaksinasi dosis pertama sebanyak 25 orang.

"Rata-rata 25 orang nelayan divaksinasi dosis pertama. Mereka pun sudah diarahkan untuk mengikuti vaksinasi dosis ke dua nanti di tempat-tempat pelayanan vaksinasi terdekat," katanya.

Selanjutnya La Ode Amran satu dari 25 nelayan yang terlayani mengatakan sangat terbantu dengan gelaran vaksinasi Fasharkan TNI AL tersebut.

"Kami para nelayan sangat terbantu dengan kegiatan vaksinasi ini mengingat aktivitas kami paling banyak di laut ," kata Amran.

Selain melaksanakan vaksinasi, tim kesehatan Fasharkan TNI AL Manokwari juga memberikan sosialisasi protokol kesehatan serta pembagian masker kepada nelayan.*

Pewarta: Hans Arnold Kapisa
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021