Jakarta (ANTARA) - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim melantik Mantan Deputi Gubernur DKI Bidang Pengendalian Kependudukan dan Permukiman Ir Suharti MA PhD sebagai Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek.

Pelantikan yang dilakukan secara daring di Jakarta, Selasa, tersebut berdasarkan Keputusan Presiden No 36/M/2021 tentang Pengangkatan Pejabat Tinggi Madya di lingkungan Kemendikbudristek.

Sebelum menjadi Deputi Gubernur DKI Jakarta, Suharti menjabat sebagai Kepala Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri (PKLN) Kemendikbud. Suharti menggantikan Prof Ainun Naim yang memasuki masa pensiun.

Baca juga: Mendikbudristek: Asesmen nasional penting diadakan di tengah pandemi

Suharti yang merupakan anak pedagang kain di Lampung tersebut, merupakan satu-satunya perempuan yang menjabat sebagai Sesjen Kemendikbudristek.

Mendikbudristek, Nadiem Anwar Makarim, mengatakan dalam dua tahun terakhir Kemendikbudristek mengalami dua kali perubahan organisasi yakni pada 2019 dengan bergabungnya kembalinya Dikti dan pada 2021 bergabungnya Ristek, serta pandemi COVID-19.

“Pandemi memberi dampak pada proses pembelajaran. Di tengah keterbatasan, kita mengalami lompatan pada teknologi pembelajaran,” kata Nadiem.

Nadiem meminta para jajarannya untuk meningkatkan kinerja dan kolaborasi untuk memberikan layanan terbaik pada masyarakat. Nadiem berharap para pejabat mampu merefleksikan visi misi serta nilai kerja Kemendikbudristek dalam melakukan tugas dan tanggung jawab.

“Bentuk komunikasi yang terbuka, untuk mendorong semangat kolaborasi dan inovasi di lingkungan Kemendikbudristek,” harap Nadiem.

Selain melantik Sesjen Kemendikbudristek, Nadiem juga melantik sejumlah pejabat lainnya dan rektor. Pejabat lain yang dilantik Dr Abi Sujak sebagai Pengembang Teknologi Pembelajaran Ahli Utama pada Pusat Data dan Teknologi Informasi Kemendikbudristek, Irini Dewi Wanti sebagai Direktur Perlindungan Kebudayaan Kemendikbudristek, Prof Ojat Darojat sebagai Rektor Universitas Terbuka periode 2021-2025, Dr Ridha Ajam MHum sebagai Rektor Universitas Khairun periode 2021-2025, Dr Beatus Tambaip MA sebagai Rektor Universitas Musamus periode 2021-2025, Prof Dr Ir I Nyoman Gde Antara sebagai Rektor Udayana periode 2021-2025, dan Ir Akhmad Nuriyanis MT sebagai Direktur Politeknik Maritim Negeri Indonesia periode 2021-2025.*

Baca juga: Kemendikbudristek luncurkan buku tentang peluang karier industri film
Baca juga: Nadiem : Merdeka Belajar beri kesempatan peserta didik berinovasi


Pewarta: Indriani
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2021