Kominfo ajak pemuda tingkatkan kemampuan digital lewat DTS

Kominfo ajak pemuda tingkatkan kemampuan digital lewat DTS

Informasi pendaftaran pelatihan Online Academy di program Digital Talent Scholarship dari Kementerian Komunikasi dan Informatika. (kominfo.go.id)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Komunikasi dan Informatika mengajak generasi muda meningkatkan kemampuan digital meliputi big data, machine learning, hingga kecerdasan artifisial dengan mengikuti program Kominfo Digital Talent Scholarship (Kominfo DTS).

"Bagi mereka yang ingin mendalami, khususnya para pelajar yang sudah lulus itu bisa mengikuti program selanjutnya yang diselenggarakan oleh Badan Litbang SDM kominfo, berbagai pelatihan terkait dengan keahlian IT," ujar Direktur Pemberdayaan Informatika, Ditjen Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo, Boni Pudjianto dalam acara virtual, Selasa.

Boni mengatakan melalui program itu, para peserta akan mendapatkan pelatihan terkait keahlian di bidang teknologi, mulai dari mengenai big data, machine learning, kecerdasan artifisial, hingga data scientist.

Lewat program ini, Kominfo ingin mencetak 100 ribu talenta digital yang terampil di bidang IT dan siap meningkatkan kontribusi bagi digital ekonomi di Indonesia.

"Jangan sia-siakan kesempatan yang luar biasa ini agar dapat digunakan oleh masyarakat Indonesia semua. Silakan berkompetisi untuk mendapatkannya, dan terbuka untuk umum," kata Boni seraya menegaskan bahwa program itu dapat diikuti secara gratis.

Kementerian Kominfo menargetkan program Digital Talent Scholarship bisa merekrut 40 ribu peserta lagi, dari total target 100 ribu peserta.

"Total kita masih 60 ribu capaiannya, karena ini masih di bulan Agustus, kita harapkan di bulan September, Oktober sampai November ini bisa mencapai target 40 ribu lagi," kata Kepala Badan Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kominfo Hary Budiarto, Jumat.

Indonesia setidaknya membutuhkan 9 juta talenta digital hingga 2030 nanti, untuk itu pemerintah berupaya mencetak talenta digital setiap tahun. Kominfo membagi program talenta digital ini menjadi tiga tingkat.

Pada tingkat dasar, Kominfo mengadakan literasi digital. Porsi untuk literasi digital menjadi yang paling banyak dari seluruh program, yaitu 12.448.750 masyarakat.

Program Digital Talent Scholarship termasuk tingkat menengah dengan target 100 ribu peserta.

Di tingkat mahir, terdapat pelatihan intensif Digital Leadership Academy untuk 300 peserta, yang merupakan pimpinan aparatur sipil negara maupun swasta.

Baca juga: Kominfo targetkan 40 ribu lagi peserta Digital Talent Scholarship

Baca juga: Kominfo: Talenta penting untuk era trasformasi digital

Baca juga: Talenta digital tingkatkan daya saing bangsa

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Kemkominfo sasar SDM melek digital

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar