Sepak Bola Dunia

Kjaer dan tim medis yang tangani Eriksen diberi penghargaan UEFA

Kjaer dan tim medis yang tangani Eriksen diberi penghargaan UEFA

Para pemain tim nasional Denmark mengelilingi tim medis yang menandu rekan mereka Christian Eriksen meninggalkan lapangan setelah kolaps di tengah laga pembuka Grup B Euro 2020 melawan Finlandia di Stadion Parken, Kopenhagen, Denmark, Sabtu (11/6/2021). (ANTARA/REUTERS/POOL/Friedemann Vogel)

Saya ingin berterima kasih kepada Morten (Skjoldager), Morten (Boesen) dan semua tim medis yang membantu saya di Parken 12 Juni lalu. Pekerjaan fantastis kalian menyelamatkan nyawa saya
Jakarta (ANTARA) - Kapten tim nasional Denmark, Simon Kjaer, beserta jajaran tim medis yang menangani Christian Eriksen saat kolaps dalam pertandingan Euro 2020 diberi penghargaan khusus oleh UEFA, yakni Anugerah Presiden UEFA.

Penghargaan tersebut disampaikan atas kontribusi penting mereka saat Eriksen kolaps terkena serangan jantung dalam pertandingan Denmark vs Finlandia di Stadion Parken, Kopenhagen, 12 Juni lalu, demikian pernyataan dalam laman resmi UEFA, Selasa.

Berkat respon cepat tim medis, Eriksen yang sempat tidak sadarkan diri bisa meninggalkan lapangan dalam keadaan cukup stabil sebelum dilarikan ke rumah sakit terdekat dan kini gelandang Inter Milan itu tengah menjalani pemulihan setelah sukses operasi pemasangan alat pacu jantung.

Sementara Kjaer, mendapat penghargaan tersebut sebagai apresiasi atas kualitas kepemimpinan yang ia perlihatkan dalam mengantisipasi situasi tak biasa tersebut.

Baca juga: Eriksen kolaps, pertandingan Denmark vs Finlandia ditangguhkan
Baca juga: Detak jantung Eriksen sempat berhenti, ungkap dokter timnas Denmark


Kjaer dan jajaran tim medis, disebut Presiden UEFA Aleksander Ceferin sebagai "pahlawan sesungguhnya dari Euro 2020".

"Tahun ini, Anugerah Presiden UEFA melampaui sepak bola. Ini menjadi bentuk peringatan penting dan abadi akan betapa berharganya nyawa manusia dan menghadirkan perspektif jernih kepada orang kebanyakan," kata Ceferin.

"Saya juga ingin menyampaikan doa terbaik kepada Christian Eriksen dan keluarganya sementara ia masih menjalani pemulihan," ujarnya menambahkan.

Laman resmi UEFA juga mencantumkan pesan pribadi dari Eriksen kepada para penerima Anugerah Presiden UEFA tahun ini.

"Saya ingin berterima kasih kepada Morten (Skjoldager), Morten (Boesen) dan semua tim medis yang membantu saya di Parken 12 Juni lalu. Pekerjaan fantastis kalian menyelamatkan nyawa saya," kata Eriksen.

"Juga terima kasih banyak kepada kawan dan kapten saya, Simon, beserta semua rekan-rekan di timnas Denmark atas dukungan kalian, baik pada 12 Juni maupun hingga kini.

"Terima kasih juga untuk para suporter yang tak henti-hentinya menyampaikan pesan untuk saya dan keluarga. Itu semua sangat berarti dan memberi kami kekuatan. Terima kasih," tutupnya.

Baca juga: UEFA undang Christian Eriksen dan paramedisnya tonton final Euro 2020
Baca juga: Liga Premier donasikan dua ribu defribilator ke klub-klub amatir


Berikut adalah daftar lengkap para penerima Anugerah Presiden UEFA 2021:

Tim medis lapangan: Mogens Kreutzfeldt (kepala petugas medis), Frederik Flensted (manajer medis stadion), Anders Boesen (dokter darurat tepi lapangan) & Peder Ersgaard (paramedis)

Petugas Medis UEFA: Jens Kleinefeld & Valentin Velikov

Timnas Denmark: Morten Skjoldager (fisioterapis pendamping dokter tim), Morten Boesen (dokter tim) & Simon Kjaer (kapten)

Baca juga: Eriksen sukses jalani operasi pemasangan alat pacu jantung
Baca juga: Christian Eriksen semangati gadis kecil yang akan operasi jantung
Baca juga: Christian Eriksen akan segera jalani tes medis di Inter Milan

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar