Jakarta (ANTARA News) - Juru Bicara Kepresidenan, Julian A Pasha, mengatakan bahwa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono kemungkinan menentukan nama Jaksa Agung pada pekan ini.

"Jaksa Agung Insya Allah dalam waktu dekat. Minggu ini atau minggu depan. Insya Allah minggu ini," kata Julian di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu.

Pernyataan Julian itu menegaskan pernyataan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), Sudi Silalahi, Namun demikian, baik Sudi maupun Julian tidak bersedia menjawab ketika ditanya pers mengenai kapan tepatnya Presiden akan mengumumkan nama Jaksa Agung tersebut.

Dia juga menolak menjelaskan siapa orang yang akan ditunjuk Presiden untuk memangku jabatan tertinggi di korps Adhyaksa itu.

Saat ini, katanya, Presiden Yudhoyono masih mengolah data dan mempertimbangkan berbagai hal sebelum mengumumkan nama Jaksa Agung yang baru.

Presiden telah memberhentikan dengan hormat Hendarman Supandji dari jabatan Jaksa Agung. Sekarang, Wakil Jaksa Agung Darmono menjalankan tugas sebagai pelaksana tugas sementara Jaksa Agung.

Pihak Kejaksaan Agung mengaku telah merekomendasikan delapan pejabat di lingkungan kejaksaan sebagai calon Jaksa Agung pengganti Hendarman Supandji yang kini telah pensiun.

Kedelapan pejabat kejaksaan itu adalah Darmono (Plt Jaksa Agung), M Amari (Jaksa Agung Muda/JAM Pidana Khusus), Hamzah Tadja (JAM Pidana Umum), Marwan Effendy (JAM Pengawasan), Edwin P Situmorang (JAM Intelijen).

Selain itu juga ada nama Iskamto (JAM Pembinaan), Kemal Sofyan Nasution (JAM Perdata dan Tata Usaha Negara) dan Zulkarnaen Yunus (staf ahli Jaksa Agung Hendarman Supandji yang juga mantan Kepala Kajati Jawa Timur).
(T.G003*P008/S019/P003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010