Jakarta (ANTARA) - Formula 1 pada Selasa mengumumkan penghargaan baru yang bakal dianugerahkan kepada pebalap yang menyalip paling banyak rivalnya selama satu musim ini.

Penghargaan baru tersebut, menyandang nama sponsor crypto.com, kini bersanding dengan penghargaan yang telah ada sebelumnya untuk pencetak lap tercepat dan pitstop tercepat di F1.

F1, di laman resminya, menyebut penghargaan tersebut "didesain untuk merayakan keberanian yang ditunjukkan oleh para pebalap yang melakukan gerakan berani demi mengejar kesuksesan."

Baca juga: Vettel seorang mentor bagi Mick Schumacher
Baca juga: Vettel nikmati progres mobil Aston Martin di Catalunya


Setelah 11 balapan musim ini, Sebastian Vettel dari tim Aston Martin tercatat sebagai pebalap yang paling banyak menyalip lawan-lawannya sejauh ini ketika F1 bergulir kembali setelah jeda musim panas di Belgia akhir pekan ini.

Sementara itu Reuters mengabarkan sejumlah kritikus media sosial melihat penghargaan tersebut bisa menjadi hadiah bagi pebalap yang tampil buruk di kualifikasi, karena pebalap yang start lebih belakang memiliki kesempatan lebih banyak untuk melakukan overtaking selama balapan.

Grafik akan ditampilkan selama siaran langsung balapan untuk membahas kemungkinan overtaking dan menyajikan kedudukan sementara di klasemen.

Pebalap pemenang akan diberi penghargaan tersebut di akhir musim.

Baca juga: F1 batalkan GP Jepang tahun ini
Baca juga: Bos Ferrari senang dengan progres Mick Schumacher di F1
Baca juga: Alonso syukuri kritikan saat kembali ke F1 sebagai berkah

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2021